Berita


Unit Syariah Topang Usaha PT SMI

PT Sarana Multi Infrastruktur akan membiayai sejumlah proyek dari unit usaha syariah yang diluncurkan perusahaan.

Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Emma Sri Martini mengatakan, melalui unit usaha syariah (UUS), perusahaan menargetkan dapat memperoleh pembiayaan senilai Rp  1 triliun.

“Target kami tahun ini untuk unit usaha syariah bisa membiayai dua hingga tiga proyek dengan total nilai Rp 1 triliun,” ujarnya, Kamis (23/3).

Unit usaha syariah BUMN pembiayaan infrastruktur itu telah mulai dirintis sejak akhir 2015. Perseroan menyetorkan modal awal untuk UUS senilai Rp 100 miliar.

Menurutnya, produk syariah di Indonesia masih terbilang minim dibandingkan dengan Malaysia, padahal Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas muslim.

Menurut Emma, keberadaan unit usaha syariah dapat mendorong kinerja perseroan dari aspek permodalan.

Melalui unit usaha syariah dapat dihimpun berbagai dana syariah jangka panjang dalam lingkup domestik dan internasional, seperti dana asuransi syariah, dana pasar modal syariah, dana haji, dana BPJS, dana syirkah multilateral, dan soveneign wealth fund. Unit usaha syariah juga dapat menjadi alternatif para investor yang mencari produk syariah.

“Kalau investor inginnya syariah, kami harus punya unit syariah. Dana-dana dari Middle East, misalnya. Nah, itu bisa menggunakan UUS. Kami salurkan dana tersebut untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur di Indonesia.”

Hingga sejauh ini, perusahaan plat merah di bawah Kementerian Keuangan tersebut telah membiayai berbagai proyek infrastruktur strategis nasional. Portofolio pembiayaan perseroan umumnya meliputi sektor jalan, transportasi, kelistrikan, dan telekomunikasi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna menuturkan, adanya unit usaha syariah PT SMI membuat adanya alternatif pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan tol.

Pembiayaan syariah sendiri telah digunakan untuk membiayai pembangunan proyek jalan tol Soreang—Pasirkoja (Soroja) di Bandung, Jawa Barat.

“Pembiayaan syariah sudah digunakan untuk jalan tol Soroja, kurang dari Rp 1 triliun sindikasi Bank mualamat dan beberapa UUS bank daerah seperti bank Jateng. Dengan adanya UUS SMI tentu menjadi alternatif pembiayaaan untuk proyek selanjutnya,” ucap Herry.

 

Bisnis Indonesia - Unit Syariah Topang Usaha PT SMI

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal