Green Bonds

Sebagai langkah konkrit dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals, PT SMI memiliki komitmen kuat terhadap pembangunan berkelanjutan melalui penyediaan fasilitas pembiayaan kepada proyek-proyek infrastruktur berwawasan lingkungan di Indonesia. Komitmen PT SMI ini juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dalam merealisasikan komitmen Paris Agreement yang bertujuan untuk melindungi dan mempertahankan ekosistem serta kualitas lingkungan.

Di tahun 2018, PT SMI menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan atau Green Bond yang merupakan penerbitan Green Bond pertama di Indonesia. Green Bond Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur memiliki nilai total fasilitas PUB senilai Rp3 triliun. PT SMI melakukan penerbitan Tahap I tahun 2018 dengan nilai emisi Rp500miliar yang secara khusus diperuntukkan untuk membiayai proyek-proyek yang memiliki manfaat lingkungan, mendorong proses transisi ke arah pertumbuhan ketahanan iklim dan rendah karbon, serta bertujuan untuk melindungi, melestarikan, dan/atau meningkatkan kualitas dan fungsi lingkungan.

 

Green Bond Framework

  

PT SMI telah menyusun Green Bond Framework yang mengatur mengenai mekanisme pemilihan proyek dan penggunaan dana serta mekanisme pelaporan dana yang diperoleh dari hasil penerbitan Green Bond. World Bank Group yang merupakan salah satu pionir penerbitan green bond dunia dengan total nilai penerbitan lebih dari USD11 miliar telah memberikan dukungan teknis kepada PT SMI dalam penyusunan kerangka tersebut. Kerangka tersebut tidak hanya sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan, namun juga sesuai dengan prinsip-prinsip Green Bond Principles dan ASEAN Green Bonds Standards yang merupakan standar internasional terkait Green Bond.

Kategori proyek-proyek yang dapat menjadi Eligible Projects yang menggunakan dana hasil penerbitan Green Bond PT SMI merupakan proyek-proyek yang memiliki tujuan untuk melindungi, melestarikan, dan/atau meningkatkan kualitas dan fungsi lingkungan, yang meliputi:

 

Pendapat Ahli Lingkungan

Center for International Climate Research-Oslo (“CICERO”) merupakan ahli lingkungan terkemuka di dunia dan telah terpilih untuk menyediakan Pendapat Ahli Lingkungan terhadap Green Bond Framework PT SMI. Pada tanggal 27 April 2018, CICERO memberikan opini Medium Green terhadap green bond PT SMI.

Green Bond Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur

Jumlah Fasilitas: Rp3 triliun

Tahap I Tahun 2018 – Rp500 miliar

DescriptionValueTenorCouponMaturityRating
Tranche AIDR 100 billion3 years9,60%11-Jun-17idAA+
Tranche BIDR 900 billion5 years10,0%11-Jun-19idAA+

Agen Pemeringkat: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo)

Wali Amanat: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Unduh: