CSR

PT SMI senantiasa memandang pentingnya mengintegrasikan prioritas lingkungan, praktik ketenagakerjaan, pengembangan masyarakat dan perlindungan konsumen ke dalam kegiatan operasionalnya. Perseroan meyakini, bahwa program-program tanggung jawab sosialnya dapat menjamin keberlanjutan usaha dalam jangka panjang, meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar dan melindungi lingkungan bagi kepentingan generasi berikutnya.

PT SMI melaksanakan program pemberdayaan komunitas dan perlindungan lingkungannya melalui kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), yang dilaksanakan di bawah koordinasi Divisi Sekretariat Perusahaan.

Melalui keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), setiap tahun pemegang saham memberikan persetujuan atas Rencana Kerja dan Anggaran PKBL yang diajukan oleh manajemen Perseroan.

RUPS juga memberikan persetujuan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat dan perlindungan lingkungan difokuskan pada program Bina Lingkungan, khususnya pada pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur dengan jenis bantuan sebagai berikut:

pkbl1

Di luar kegiatan PKBL, sejak tahun 2009 Perseroan telah menyalurkan bantuan CSR kepada beberapa pihak, dimana dana yang dikeluarkan merupakan beban biaya Perseroan (non PKBL) dan melibatkan partisipasi aktif karyawan PT SMI, antara lain:

  • Pemberian bantuan melalui Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) dan Pemerintah Daerah Padang untuk membantu korban gempa bumi Sumatera Barat;
  • Bantuan untuk korban bencana alam Gunung Merapi yang diberikan dalam bentuk alat-alat rumah tangga, buku-buku untuk perpustakaan dan peralatan bermain (playground) bagi shelter yang dibangun oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Foundation, di Desa Hargobinangun, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Sumber dana bantuan yang digunakan untuk korban Merapi ini semula diperuntukkan bagi kegiatan outing karyawan PT SMI, dengan tambahan donasi dari karyawan PT SMI.  Beberapa karyawan PT SMI turun langsung memberikan bantuan di lokasi bencana.
  • Selain itu, sejak tahun 2012, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat secara luas PT SMI secara berkesinambungan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Kami melaksanakan kegiatan sosial yang bertajuk “SMI Berbagi”, dimana kegiatan ini dilakukan rutin setiap 3 bulan dengan melibatkan partisipasi karyawan.

Kabar CSR PT SMI – Januari 2018

Kabar CSR PT SMI - Januari 2018