Kegiatan


Kunjungan Delegasi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di kantor PT SMI

Kunjungan Delegasi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di Kantor PT SMI

Kunjungan Delegasi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di Kantor PT SMI Kunjungan Delegasi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di Kantor PT SMI Kunjungan Delegasi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di Kantor PT SMI Kunjungan Delegasi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di Kantor PT SMI Kunjungan Delegasi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di Kantor PT SMI

Pada tanggal 12 Maret 2018 sore hari, Delegasi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) mengunjungi kantor PT SMI. Pada kunjungan ini, PT SMI memberikan paparan kepada AIIB terkait pembiayaan infrastruktur daerah.

Sebelum mengunjungi kantor PT SMI, Delegasi AIIB bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresiden Bogor, Jawa Barat pada pagi harinya.

Dalam pertemuan itu, Presiden Joko Widodo didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keungan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Agenda pertemuan dengan Presiden Joko Widodo adalah membahas rencana delegasi AIIB untuk melakukan kunjungan ke Yogyakarta dan Solo dalam rangka melihat langsung proyek yang didanai oleh AIIB.

AIIB merupakan sebuah institusi finansial internasional baru yang diprakarsai oleh pemerintah Tiongkok sejak tahun 2010 dan resmi beroperasi pada tahun 2016. Berbeda dengan bank-bank pembangunan sebelumnya, AIIB muncul sebagai sebuah bank pembangunan baru bagi kawasan Asia yang bergerak khusus di bidang infrastruktur.

Saat ini, AIIB memiliki anggota lebih dari 70 negara dan Indonesia merupakan salah satu pemegang saham terbesar dalam institusi tersebut.

Indonesia telah mendapatkan pinjaman untuk tiga proyek dari AIIB. Proyek pertama Indonesia yang didanai adalah program peningkatan permukiman kumuh nasional dengan biaya sebesar US$ 216 juta atau setara Rp2,8 triliun. Proyek kedua adalah pembangunan infrastruktur daerah yang mencakup penyediaan air bersih dan sanitasi, penanganan banjir, pengelolaan limbah, serta penataan lingkungan kumuh dengan total biaya US$100 juta. Sedangkan yang ketiga adalah proyek Dam Operational Improvement and Safety Project (DOISP) dengan dana sebesar US$ 125 juta.

Kembali ke Kegiatan

Kegiatan Terkait

Buka Puasa Bersama PT SMI (Persero), Berbagi Kebaikan, Berbagi Berkah Buka Puasa Bersama Stakeholders PT SMI (Persero) – Silaturahmi Kuat, Indonesia Hebat Sinergi Memberdayakan Masyarakat & Membangun Bangsa Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT SMI dengan UOB Limited Nawabakti PT SMI, Membangun Negeri Kita Bisa!