Kegiatan


Presiden RI Resmikan Jalan Tol Cikopo-Palimanan

894

Presiden RI Joko Widodo, meresmikan beroperasinya Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Sabtu, 13 Juni 2015. Jalan tol sepanjang 116,75 kilometer ini merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dan merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa sepanjang 1.193 km. Jalan Tol Cikopo-Palimanan melintasi 5 kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Pengoperasian jalan tol ini juga akan mengurangi arus kepadatan lalu lintas melalui jalur Pantura antara 40%-60%, sehingga arus mudik Lebaran tahun ini diharapkan akan lebih lancar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M. Basuki Hadimuljono mengatakan, pengoperasian Jalan Tol Cikopo-Palimanan sangat penting dalam mendukung pembangunan ekonomi lokal dan nasional, karena dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam dunia usaha. Dengan infrastruktur yang memadai, biaya produksi, transportasi, komunikasi, dan logistik semakin efisien.

Pengelola jalan tol Cikapali adalah PT Lintas Marga Sedaya (LMS) yang memiliki konsesi selama 35 tahun. Jalan tol ini dibiayai oleh sindikasi 22 bank dan lembaga keuangan. PT SMI menjadi salah satu lembaga keuangan yang ikut bergabung dalam sindikasi tersebut.

Kembali ke Kegiatan

Kegiatan Terkait

Sinergi Memberdayakan Masyarakat & Membangun Bangsa Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT SMI dengan UOB Limited Nawabakti PT SMI, Membangun Negeri Kita Bisa! Kunjungan Delegasi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di kantor PT SMI Syukuran Ulang Tahun PT SMI ke-9, Membangun Negeri Kita Bisa!