Kegiatan


PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Lakukan Sosialisasi Kepada 20 Pemerintah Daerah Terkait Pengalihan Aset Dari Pusat Investasi Pemerintah

896

Sebagai tindak lanjut atas pengalihan aset Pusat Investasi Pemerintah (PIP) kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”), yang tertera pada pasal 23a, Undang-Undang No 3 Tahun 2015 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2015, maka PT SMI bersama-sama dengan tim dari PIPmengadakan kegiatan sosialisasi kepada Pemerintah Daerah terkait persiapan pengalihan aset tersebut.

Kegiatan sosialisasi berlangsung sejak akhir April 2015 sampai dengan awal Juni 2015 dan dihadiri oleh Kepala Daerah, unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah,  Bappeda, serta perwakilan dari DPRD. Kunjungan dilakukan ke 3 Pemerintah Provinsi, 4 Pemerintah Kota, dan 13 Pemerintah Kabupaten sebagai berikut.

  1. Pemprov Sulawesi Tenggara
  2. Pemprov Sulawesi Selatan
  3. Pemprov Sulawesi Barat
  4. Pemkot Palu
  5. Pemkot Gorontalo
  6. Pemkot Bandar Lampung
  7. Pemkot Padang
  8. Pemkab Mukomuko
  9. Pemkab Karangasem
  10. Pemkab Lombok Timur
  11. Pemkab Lombok Tengah
  12. Pemkab Temanggung
  13. Pemkab Bulukumba
  14. Pemkab Halmahera Selatan
  15. Pemkab Lampung Selatan
  16. Pemkab Boalemo
  17. Pemkab Bangkalan
  18. Pemkab Buton
  19. Pemkab Pesisir Selatan
  20. Pemkab Muna

Selain pelaksanaan sosialisasi,  dalam kesempatan tersebut juga dilakukan peninjauan ke proyek-proyek  infrastruktur daerah yang saat ini dibiayai oleh PIP, antara lain proyek pembangunan pasar, rumah sakit, jalan, terminal dan lain sebagainya.

Melalui pengalihan aset PIP kepada PT SMI, layanan PT SMI kepada Pemerintah Daerah  dapat diperluas,  tidak hanya sebatas pembiayaan atas  proyek infrastruktur saja (pilar bisnis Pembiayaan dan Investasi), tapi juga membantu Pemerintah Daerah dalam mempersiapkan proyek infrastruktur yang berkualitas, melalui dua pilar bisnis PT SMI lainnya, yaitu Jasa Pengembangan Proyek dan Jasa Konsultasi.

Melalui total solusi yang disediakan PT SMI, maka diharapkan percepatan pengembangan infrastruktur daerah semakin bergulir dan menunjang percepatan infrastruktur Indonesia secara keseluruhan.

Kembali ke Kegiatan

Kegiatan Terkait

Peresmian Kerja Sama Proyek KPBU SPAM Semarang Barat SDG Indonesia One Dukung Pencapaian SDGs di Indonesia Sinergi Mendukung Pembangunan Infrastruktur Pariwisata Baru di Indonesia Membangun Generasi Sehat Penerus Bangsa Mewujudkan Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur Daerah Bagi Masyarakat