Kegiatan


PT SMI turut partidipasi dalam konsorium pendanaan sebesar USD 85 juta bagi moaya Indosnesia untuk meningkatkan akses pada air minum di Tangerang

383

Pada tanggal 24 Juni 2013, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”),  bersama-sama dengan International Finance Cooperation (“IFC”), yang merupakan anggota kelompok Bank Dunia, dan PT Indonesia Infrastructure Finance (“IIF”), telah menandatangani perjanjian pendanaan sebesar USD85 juta untuk PT Moya Indonesia. Pendanaan ini akan digunakan untuk mendukung proyek peningkatan akses air minum yang aman bagi sekitar 1,8 juta penduduk yang bermukim di Tangerang.

Adapun kisaran jumlah investasi dari masing-masing peserta konsorsium tersebut antara lain, USD25 juta dari PT SMI, USD28 juta dari PT IIF dan IFC sebesar USD32 juta, yang dibagi menjadi dua bentuk pendanaan, dimana USD23 juta akan diberikan dalam bentuk pinjaman, dan USD8,7 juta akan diberikan dalam bentuk ekuitas.

Dukungan pendanaan ini akan memungkinkan PT Moya Indonesia untuk meningkatkan lebih dari empat kali lipat kepasitas sarana pengolahan airnya menjadi 168,480 cubic meter per hari dari 38,880 cubic meter per hari. Investasi inipun akan membantu perusahaan membangun jaringan distribusi yang akan menghubungkan sekitar 150.000 rumah tangga baru dan pelanggan dari kalangan industri untuk menjawab meningkatnya permintaan terhadap air bersih di Tangerang dan memungkinkan kota ini untuk mencapai millenium development goal dalam memperbaiki akses pada air bersih.

PT Moya Indonesia, adalah anak perusahaan dari Moya Asia Limited, yang terdaftar pada Catalist, dewan kedua pada Singapore Exchange, telah menandatangani perjanjian dengan tenor waktu selama 25 tahun dengan perusahaan air Indonesia, Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Benteng Kota Tangerang, untuk membangun, mengoperasikan dan pada akhirnya mentransfer sarana pengolahan air tersebut kepada pemerintah daerah setempat.

“Tangerang memiliki 1.8 juta orang dengan sekitar 400 industri, tetapi hanya 30.000 rumah tangga yang dapat menikmati air bersih,“ kata Simon A. Melhem, Chief Executive Officer Moya Asia Limited. “Investasi ini akan membantu kami meningkatkan akses ke air bersih dan mengatasi krisis air di kota ini.” Simon menambahkan.

Sebagai sebuah lembaga keuangan milik pemerintah di bawah Kementerian Keuangan, yang mendukung pendanaan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia, PT SMI telah bekerjasama dengan IFC dalam menyediakan pendanaan dan investasi ekuitas pada beberapa perusahaan Indonesia.

Kembali ke Kegiatan

Kegiatan Terkait

SDG Indonesia One Dukung Pencapaian SDGs di Indonesia Sinergi Mendukung Pembangunan Infrastruktur Pariwisata Baru di Indonesia Membangun Generasi Sehat Penerus Bangsa Mewujudkan Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur Daerah Bagi Masyarakat PT SMI Mendukung Peningkatan Kesehatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu