Green Bond dan Sukuk

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) menerbitkan dan menawarkan Obligasi Infrastruktur Berwawasan Lingkungan (Green Bond) Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur Tahap I Tahun 2018 dengan jumlah pokok Green Bond sebanyak-banyaknya sebesar Rp1.000.000.000.000,- (satu triliun rupiah) (“Green Bond”) dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur Tahap I Tahun 2018 dengan total dana sebesar Rp1.000.000.000.000,- (satu triliun rupiah) (“Sukuk Mudharabah”).

Jumlah Pokok Green Bond yang diterbitkan sebanyak-banyaknya sebesar Rp1.000.000.000.000,- (satu triliun Rupiah) dimana Green Bond yang ditawarkan sebesar Rp355.000.000.000,- (tiga ratus lima puluh lima miliar Rupiah) dijamin secara kesanggupan penuh (full commitment) dan sebanyak-banyaknya sebesar Rp645.000.000.000,- (enam ratus empat puluh lima miliar Rupiah) dijamin secara kesanggupan terbaik (best effort). Green Bond yang dijamin secara kesanggupan penuh (full commitment) memberikan pilihan bagi masyarakat untuk memilih seri Green Bond yang dikehendaki, yaitu dengan 2 (dua) seri Green Bond sebagai berikut:

Seri A Jumlah Pokok Green Bond Seri A yang ditawarkan adalah sebesar Rp131.500.000.000,- (seratus tiga puluh satu miliar lima ratus juta Rupiah) dengan tingkat bunga tetap Green Bond sebesar 7,55% (tujuh koma lima lima persen) per tahun. Jangka waktu Green Bond adalah 3 (tiga) tahun sejak Tanggal Emisi. Pembayaran Green Bond dilakukan secara penuh (bullet payment) sebesar 100% (seratus persen) dari Jumlah Pokok Green Bond Seri A pada saat jatuh tempo yaitu tanggal 6 Juli 2021.
Seri B Jumlah Pokok Green Bond Seri B yang ditawarkan adalah sebesar Rp223.500.000.000,- (dua ratus dua puluh tiga miliar lima ratus juta Rupiah) dengan tingkat bunga tetap Green Bond sebesar 7,80% (tujuh koma delapan nol persen) per tahun. Jangka waktu Green Bond adalah 5 (lima) tahun sejak Tanggal Emisi. Pembayaran Green Bond dilakukan secara penuh (bullet payment) sebesar 100% (seratus persen) dari Jumlah Pokok Green Bond Seri B pada saat jatuh tempo yaitu tanggal 6 Juli 2023.

Green Bond ini dijamin secara kesanggupan penuh (full commitment) dan diterbitkan tanpa warkat, kecuali Sertifikat Jumbo Green Bond yang diterbitkan atas nama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (“KSEI”) sebagai bukti utang untuk kepentingan Pemegang Green Bond, dan ditawarkan dengan nilai 100% (seratus persen) dari jumlah Pokok Green Bond. Bunga Green Bond dibayarkan setiap triwulan, sesuai dengan tanggal pembayaran Bunga Green Bond. Pembayaran bunga pertama akan dilakukan pada tanggal 6 Oktober 2018 sedangkan pembayaran bunga terakhir dilakukan pada tanggal jatuh tempo masing-masing seri Green Bond.

Sukuk Mudharabah ini diterbitkan tanpa warkat, kecuali Sertifikat Jumbo Sukuk Mudharabah yang diterbitkan atas nama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (“KSEI”) sebagai bukti kepemilikan Efek Syariah untuk kepentingan Pemegang Sukuk Mudharabah, dan terdiri atas 2 (dua) seri yang memberikan pilihan bagi masyarakat untuk memilih seri Sukuk Mudharabah yang dikehendaki, yaitu sebagai berikut :

Seri A Jumlah Dana Sukuk Mudharabah Seri A yang ditawarkan adalah sebesar Rp680.000.000.000,- (enam ratus delapan puluh miliar Rupiah) dengan Pendapatan Bagi Hasil Sukuk Mudharabah yang dihitung berdasarkan perkalian antara Nisbah Pemegang Sukuk Mudharabah, dimana besarnya nisbah adalah 14,31% (empat belas koma tiga satu persen) dari Pendapatan yang Dibagihasilkan dengan indikasi bagi hasil sebesar ekuivalen 7,55% (tujuh koma lima lima persen) per tahun. Jangka waktu Sukuk Mudharabah Seri A adalah 3 (tiga) tahun terhitung sejak Tanggal Emisi. Pembayaran Dana Sukuk Mudharabah dilakukan secara penuh (bullet payment) sebesar 100% (seratus persen) dari Jumlah Dana Sukuk Mudharabah Seri A pada saat jatuh tempo yaitu tanggal 6 Juli 2021.
Seri B Jumlah Dana Sukuk Mudharabah Seri B yang ditawarkan adalah sebesar Rp320.000.000.000,- (tiga ratus dua puluh miliar Rupiah) dengan Pendapatan Bagi Hasil Sukuk Mudharabah yang dihitung berdasarkan perkalian antara Nisbah Pemegang Sukuk Mudharabah, dimana besarnya nisbah adalah 6,96% (enam koma sembilan enam persen) dari Pendapatan yang Dibagihasilkan dengan indikasi bagi hasil sebesar ekuivalen 7,80% (tujuh koma delapan nol persen) per tahun. Jangka waktu Sukuk Mudharabah Seri B adalah 5 (lima) tahun terhitung sejak Tanggal Emisi. Pembayaran Dana Sukuk Mudharabah dilakukan secara penuh (bullet payment) sebesar 100% (seratus persen) dari Jumlah Dana Sukuk Mudharabah Seri B pada saat jatuh tempo yaitu tanggal 6 Juli 2023.

Sukuk Mudharabah ini ditawarkan dengan nilai 100% (seratus persen) dari jumlah Dana Sukuk Mudharabah. Pendapatan Bagi Hasil dibayarkan setiap triwulan, sesuai dengan tanggal pembayaran Pendapatan Bagi Hasil Sukuk Mudharabah. Pembayaran Pendapatan Bagi Hasil pertama akan dilakukan pada tanggal 6 Oktober 2018 sedangkan pembayaran Pendapatan Bagi Hasil terakhir dilakukan pada tanggal jatuh tempo masing-masing seri Sukuk Mudharabah.

Dalam rangka penerbitan Green Bond ini, Perseroan telah memperoleh hasil pemeringkatan atas Surat Hutang Jangka Panjang dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (“Pefindo”): id AAA (Triple A).

Dalam rangka penerbitan Sukuk Mudharabah ini, Perseroan telah memperoleh hasil pemeringkatan atas Surat Hutang Jangka Panjang dari Pefindo: id AAA (Triple A Syariah).


Press Release : PT SMI Mendukung Pembangunan Berkelanjutan melalui Penerbitan Green Bond Pertama di Indonesia

Prospektus : Prospektus Green Bond dan Green Sukuk 2018 PT SMI

Informasi Tambahan : Informasi Struktur Final Green Bond

Green Bond and Green Sukuk Framework : PT SMI Green Bond dan Green Sukuk Framework

Second Opinion from CICERO : Second Opinion tentang kerangka Green Bond dan Green Sukuk PT SMI