Obligasi

Sejalan dengan misi PT SMI untuk me-leverage modal yang telah diberikan Pemerintah dan meningkatkan kapasitas Pembiayaan Infrastruktur Nasional, PT SMI aktif melakukan penerbitan obligasi sejak tahun 2014. Sampai saat ini, PT SMI memiliki fasilitas penerbitan sebesar Rp37 triliun, dengan nilai penerbitan (outstanding) sebesar Rp 14,5 triliun. Dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi seluruhnya disalurkan untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur.

Pada pertengahan tahun 2018, PT SMI juga menjadi emiten pertama di Indonesia yang menerbitkan Obligasi Berwawasan Lingkungan atau Green Bond senilai Rp500 miliar yang merupakan bagian  dari  Penawaran  Umum  Berkelanjutan Green Bond dengan total nilai emisi sebesar Rp3 triliun. Di tahun yang sama, PT SMI untuk pertama kalinya menerbitkan Sukuk senilai Rp1 triliun yang merupakan bagian  dari  Penawaran  Umum  Berkelanjutan Sukuk dengan total nilai emisi sebesar Rp3 triliun.

Selain melalui penerbitan obligasi, PT SMI juga secara aktif melakukan fund raising melalui pinjaman dan kerjasama bilateral maupun multilateral dengan Bank maupun Lembaga Multilateral yang dapat meningkatkan kapasitas pembiayaan proyek-proyek untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia.