November 5, 2018

Pengumuman Pemenang Pengadaan: Environmental Specialist Untuk Mendukung Implementasi Regional Infrastructure Development Fund (RIDF)

Paket Kegiatan:
Konsultan Individu Environmental Specialist Untuk Mendukung Implementasi Regional Infrastructure Development Fund (RIDF)

Negara:
Indonesia

Project ID:
TF0A3871

Konsultan Pemenang:
Rahayu Ningtyas

Tanggal Kontrak:
5 November 2018

Harga Kontrak:
Rp 480.000.000,-(termasuk pajak)

Ringkasan Luar Lingkup Kontrak:
Ruang lingkup pekerjaan jasa konsultan individu enviromental specialist adalah memberikan dukungan berupa pendampingan dan asistensi, termasuk dalam hal administrasi dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh PT SMI sebagai berikut namun tidak terbatas pada:

  1. Bekerjasama dengan tim PT SMI dan Bank Dunia untuk menyusun rencana pendampingan terkait dengan pemenuhan aspek perlindungan lingkungan.
  2. Mendampingi Pemda dalam proses penyediaan data dan review penyusunan dokumen-dokumen kajian lingkungan seperti Amdal, UKL-UPL, dan SPPL.
  3. Memfasilitasi dan mendampingi Pemda secara intensif dalam proses penyusunan dokumen-dokumen kajian lingkungan yang relevan sesuai kebutuhan dan memastikan proses dan dokumennya sesuai dengan ESMF RIDF.
  4. Memberikan asistensi kepada Pemda dalam menyiapkan panduan, alat dan prosedur (SOP) untuk digunakan dalam proyek berdasarkan kebijakan lingkungan yang relevan dengan mempertimbangkan ketentuan-ketentuan dalam ESMF RIDF.
  5. Membantu Pemda dalam mengevaluasi aspek dan dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh kegiatan proyek dan mengevaluasi risiko lingkungan yang terkait dengan potensi gempa bumi, banjir, tanah longsor, erosi, pergeseran saluran, dan bencana alam lainnya di lokasi proyek;
  6. Memberikan coaching (pelatihan dengan kasus nyata) dan asistensi kepada Pemerintah Daerah dalam memastikan bahwa setiap proyek tunduk pada ESMF RIDF.
  7. Memberikan asistensi kepada Pemda dalam meningkatkan kesadaran lingkungan, dan pelatihan kepada aparat daerah serta masyarakat setempat.
  8. Memberikan asistensi kepada Pemda dalam menugaskan dan mengelola hasil kajian lingkungan awal jika diperlukan dan kajian/penilaian khusus lainnya seperti pengelolaan limbah.
  9. Membantu Pemda dan PT SMI dalam melakukan koordinasi dengan konsultan, misalnya dengan konsultan penyusun DEDs, dokumen lelang dan kontraktor; maupun pemangku kepentingan lainnya, misalnya dengan Dinas/Badan Lingkungan Hidup setempat.
  10. Membantu Pemda dalam pelaksanaan seluruh proses/tahapan program RIDF terkait dengan aspek perlindungan lingkungan.
  11. Berkoordinasi dengan PT SMI dalam pelaksanaan pekerjaan quality control atas output dan laporan-laporan terkait dengan aspek perlindungan lingkungan.
  12. Berkoordinasi dengan PT SMI dalam pelaksanaan proses pelaporan proyek secara internal maupun eksternal sesuai dengan pedoman Perseroan.
  13. Membantu tugas-tugas adhoc sebagaimana diminta oleh PT SMI yang berkaitan dengan program RIDF.
  14. Bersedia ditempatkan di kota atau kabupaten di mana infrastruktur yang diusulkan/dilaksanakan berlokasi untuk jangka waktu yang disepakati dengan PT SMI.
Related Posts