Jumpa Pers


Bursa Efek Indonesia Bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Meluncurkan Indeks SMinfra18

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerjasama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI), pada tanggal 31 Januari 2013, meluncurkan indeks harga saham baru bernama SMinfra18. Indeks SMinfra18 mengukur performa harga dari 18 saham yang tercatat di BEI yang bergerak di bidang infrastruktur dan penunjangnya.

Indeks SMinfra18 diharapkan dapat menjadi acuan bagi para investor dalam berinvestasi pada saham-saham emiten yang berperan dalam pembangunan infrastruktur dengan faktor fundamental yang baik, memiliki kapitalisasi pasar besar, serta memiliki free float saham dan aktivitas transaksi saham yang tinggi (nilai, frekuensi, dan hari transaksi). Di masa mendatang, Indeks SMinfra18 diproyeksikan dapat menjadi landasan acuan bagi produk-produk pasar modal seperti reksadana, ETF, serta produk derivatif lainnya.

Komponen Indeks SMinfra18 adalah 18 saham yang dipilih dari daftar saham universe sektor infrastruktur dan penunjangnya. Daftar saham universe tersebut dipilih berdasarkan sektor-sektor infrastruktur yang dapat menjadi obyek pembiayaan oleh PT SMI sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 100/PMK.010/2009 Tahun 2009 Tentang Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur. Selain itu terdapat pula komponen indeks yang berasal dari sektor-sektor yang berperan sebagai penunjang infrastruktur.

BEI dan PT SMI akan melakukan peninjauan berkala dua kali setahun atas komponen Indeks SMinfra18 yaitu setiap akhir bulan April dan Oktober, sehingga komponen Indeks SMinfra18 akan diperbaharui setiap awal bulan Mei dan November. Hari dasar penghitungan Indeks SMinfra18 adalah tanggal 30 Desember 2004 dengan nilai awal indeks 100. Metode penghitungan Indeks SMinfra18 berbeda dengan metode penghitungan indeks lain yang terdapat di BEI saat ini, yaitu dengan pembobotan berdasarkan kapitalisasi pasar yang disesuaikan atau adjusted market capitalization weighted average. Metode penghitungan ini memberikan penyesuaian atas kontribusi jumlah saham tercatat atas saham-saham yang dikategorikan sebagai penunjang infrastruktur, yaitu menggunakan 80% dari jumlah saham tercatat.

Demikian untuk diketahui publik.

SEKRETARIS PERUSAHAAN
PT BURSA EFEK INDONESIA
KONTAK MEDIA: IRMAWATI AMRAN
NO. TELP. 021- 5150515, Ext. 4300
FAX. 021-5150330
E-MAIL: callcenter@idx.co.id

Kembali ke Press Release

Press Release Terkait

Komitmen PT SMI Mendukung Pembangunan Daerah yang Berkeadilan Dengan Menjunjung Tinggi Integritas dan Sikap Anti Korupsi Dewan Komisaris Baru PT SMI PT SMI Catat Pertumbuhan Laba dan Aset di Semester I – 2017 Peletakan Batu Pertama (Ground Breaking) Proyek SPAM Umbulan Pergantian Sekretaris Perusahaan PT SMI