Jumpa Pers


Capaian memuaskan PT SMI di tahun 2014

PT Sarana Multi Infrastruktur  (Persero) (“PT SMI”) menutup tahun 2014 dengan pencapaian kinerja yang memuaskan. Sepanjang 2014, PT SMI berhasil menyalurkan pembiayaan ke proyek-proyek infrastruktur sebesar Rp5,577 triliun, untuk nilai proyek yang mencapai Rp45 triliun. Dengan demikian pembiayaan PT SMI telah  menciptakan multiplier effect sebesar 8 kali. Pembiayaan disalurkan untuk pembangunan proyek-proyek transportasi seperti pelabuhan, jalan dan jalan tol, oil & gas, Pembangkit Listrik Tenaga Gas, telekomunikasi, air minum, irigasi dan lain-lain di seluruh wilayah Indonesia.

Guna mengembangkan kapasitas Perseroan dalam membiayai pembangunan infrastruktur Indonesia, PT SMI untuk pertama kalinya telah menerbitkan obligasi, yaitu Obligasi I Sarana Multi Infrastruktur Tahun 2014 senilai Rp1 triliun pada 12 Juni 2014. Pasar merespons baik penerbitan obligasi tersebut sebagaimana tercermin dari tingginya permintaan (oversubscribed) 2,6 kali yang mencerminkan tingginya tingkat kepercayaan lenderkepada PT SMI. Pada tanggal 18 November 2014 PT SMI juga telah berhasil mendapatkan pinjaman sindikasi sebesar USD 150 juta dengan opsi peningkatan sampai dengan USD 175 juta.

Kinerja PT SMI yang baik tercermin dengan diperolehnya rating nasional idAA+/stable dari Pefindo pada bulan Maret 2014 dan AA+(idn)/stable dari Fitch Ratings pada bulan Oktober 2014. Untuk rating internasional PT SMI adalah BBB-/stable (sovereign) dari Fitch Ratings pada  bulan Oktober 2014. Peringkat tersebut mencerminkan peran yang sangat penting bagi pemerintah Republik Indonesia, potensi permintaan yang tinggi untuk pembiayaan infrastruktur, dan tingkat permodalan yang sangat kuat.

PT SMI percaya bahwa kinerja yang telah dicapai merupakan hasil dari tata kelola perusahaan yang baik, melalui penerapan prinsip-prinsip tata kelola yang baik dalam setiap pelaksanaan bisnis Perseroan. Sejalan dengan pelaksanaan bisnis yang mengedepankan tata kelola Perusahaan yang baik, PT SMI juga meyakini pentingnya pelaksanaan tanggung jawab dan kepedulian pada lingkungan. Rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) disusun dan dilaksanakan agar tepat guna dan tepat sasaran pada masyarakat.  Sepanjang 2014, PT SMI melaksanakan sejumlah kegiatan CSR dimana 90% di antaranya berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan fasilitas infrastruktur berskala kecil, seperti pembangunan jalan dan jembatan, pembangkit listrik (picohydro, hybrid power solar & wind),  fasilitas air bersih, pembangunan sekolah, rumah ibadah dan sebagainya.

Selain itu, PT SMI secara rutin melakukan kegiatan “SMI Berbagi”, yang melibatkan partisipasi aktif pegawai PT SMI. Tak hanya bantuan materi yang diberikan dalam “SMI Berbagi”. Pelatihan soft skills yang dapat memperkuat kapasitas diri untuk meningkatkan taraf hidup, seperti membuat telur asin, bakso, donat dan lain-lain yang dapat dijual, juga diberikan pada penerima manfaat “SMI Berbagi”.

Performa dan pencapaian PT SMI dalam berbagai bidang, dikukuhkan dengan diperolehnya beberapa penghargaan di tahun 2014, di antaranya penghargaan sebagai BUMN Terbaik 2014 untuk kategori BUMN di bawah Kementerian Keuangan versi Majalah Investor pada Desember 2014. Penghargaan serupa juga diberikan oleh Majalah InfoBank, yang menobatkan SMI sebagai BUMN Terbaik di bawah Kementerian Keuangan dengan predikat “Sangat Bagus” pada September 2014. Selain kedua penghargaan dari media, PT SMI juga mendapat penghargaan untuk Proyek KPS SPAM Umbulan dalam Global Infra Leadership Forum di New York – Amerika Serikat pada Februari 2014 lalu.

Keseluruhan pencapaian ini merupakan bukti pengabdian kami pada pembangunan infrastruktur Indonesia. Ke depan, kami akan senantiasa memacu diri untuk terus menjalankan tugas sebagai katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur Indonesia.

Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”)

Sebagai katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, PT SMI didirikan pada tahun 2009, dimana 100% saham dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan. Awal pendiriannya PT SMI mengemban mandat sebagai Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur (pilar bisnis pertama, yaitu Pembiayaan & Investasi). Sejalan dengan perkembangan kebutuhan pembangunan infrastruktur, maka PT SMI mengembangkan lingkup bisnisnya dengan menyediakan Jasa Konsultasi dan Jasa Pengembangan Proyek. Ketiga pilar bisnis ini (Pembiayaan & Investasi, Jasa Konsultasi dan Jasa Pengembangan Proyek) diharapkan menjadi salah satu solusi dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

www.ptsmi.co.id

***

Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi:

Astried Swastika
Corporate Secretary
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Tel: +6221 5785 1499
Fax: +6221 5785 4298
Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id

Kembali ke Press Release

Press Release Terkait

Luncurkan SDG Indonesia One, Kemenkeu Dukung Pencapaian Sustainable Development Goals di Indonesia RSUD Konawe; Komitmen Bersama Pemangku Kepentingan Mewujudkan Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur Daerah bagi Masyarakat Anggota Baru Direksi PT SMI pada tanggal 9 Juli 2018 PT SMI Mendukung Pembangunan Berkelanjutan melalui Penerbitan Green Bond Pertama di Indonesia Dewan Komisaris Baru PT SMI pada 5 Juni 2018