Jumpa Pers


Fitch Afirmasi Sarana Multi Infrastruktur di ‘BBB-/AA+(idn)’

Fitch Ratings telah mengafirmasi peringkat Jangka Panjang Mata Uang Asing dan Mata Uang Lokal Issuer Default Ratings (IDR) PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI) di ‘BBB-‘, Peringkat Jangka Pendek Mata Uang Asing di ‘F3′ dan Peringkat Nasional Jangka Panjang di ‘AA+(idn)’. Outlook untuk peringkat-peringkat jangka panjang adalah Stabil. AA(idn) Peringkat nasional di kategori ‘AA’ menunjukkan ekspektasi akan resiko gagal bayar yang sangat rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia. Resiko kredit hanya sedikit berbeda dari emiten-emiten atau surat-surat utang yang mendapat peringkat tertinggi di Indonesia.

Pertimbangan Pemeringkatan

Peringkat-peringkat internasional SMI dikaitkan dengan peringkat soverign Indonesia (BBB-/F3/Stabil) mencerminkan statusnya sebagai perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh negara. Fitch meyakini adanya probabilitas tinggi dukungan negara bagi SMI, jika diperlukan. SMI memberikan pembiayaan kepada investor untuk skema Public-Private Partnership (PPP). Fitch meyakini investasi yang memadai dalam infrastruktur sangat penting bagi Indonesia untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi.

SMI melapor langsung kepada Kementrian Keuangan (Depkeu) dan dewan komisarisnya ditunjuk oleh pemerintah. Anggaran tahunan, dewan remunerasi direksi, rencana jangka panjang, dan komposisi dewan disetujui oleh Depkeu pada pertemuan pemegang saham. SMI diaudit oleh kantor akuntan publik independen setiap tahun, dan merupakan subyek audit oleh auditor negara sekali setiap tiga tahun.

SMI memperoleh fasilitas kredit dari PT Bank Internasional Indonesia (BBB/AAA(idn)/Stabil) dengan batas IDR500milyar. Sesuai regulasi, leverage dibatasi 10x dari ekuitas, meskipun manajemen mengatakan akan membatasi pinjaman hingga 3x ekuitas. SMI memberikan pinjaman subordinasi untuk 33,88% anak perusahaan, PT Indonesia Infrastruktur Finance (IIF), yang ditarik secara bertahap. Total pinjaman IDR2,15trilyun akan ditarik hingga FY15. Pinjaman ini telah diberikan kepada IIF melalui pemerintah dan SMI, dan dari Bank Pembangunan Asia (ADB) dan Bank Dunia.

SMI telah difokuskan pada peningkatan komitmen pembiayaan untuk proyek-proyek infrastruktur, dengan total kredit naik ke IDR5.061milyar pada tahun buku yang berakhir Desember 2013 (FYE13) termasuk pinjaman kepada IIF, dari IDR1.952milyar di FYE12. Sumber utama pendapatan adalah pendapatan bunga – 92% dari total pendapatan di FY13 (5,52% dari total aset), dibandingkan dengan 80% di FY12 (3,51% dari total aset). Faktor-faktor Penggerak Peringkat Setiap kenaikan/penurunan dari peringkat soverign Indonesia akan direfleksikan pada peringkat SMI. Selain itu, setiap perubahan negatif pada tata kelola SMI, yang menyebabkan pelemahan pada status hukum atau kontrol oleh pemerintah, dapat memicu penurunan peringkat.

Kontak:
Analis Utama (Peringkat Internasional)
Fernando Mayorga
Managing Director
+34 93 323 8407
Fitch Espana SAU
Paseo de Gracia, 85
08008 Barcelona

Analis Kedua (Peringat Internasional)
Terry Gao
Director
+852 2263 9972

Analis Utama (Peringkat Nasional)
Iwan Wisaksana
Director
+62 21 2988 6807
PT Fitch Ratings Indonesia
Financial Institution
DBS Bank Tower
24th Floor, Suite 2403
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5
Jakarta, Indonesia 12940

Ketua Komite
Vladimir Redkin
Senior Director
+7 909 929 9818

DISCLOSURE STATEMENT: Catatan: Peringkat Nasional Fitch menggambarkan ukuran relatif atas kredibilitas entitas yang diperingkat di negara-negara yang memiliki peringkat sovereign relatif rendah dan ada kebutuhan untuk dilakukan pemeringkatan dimaksud. Peringkat terbaik di suatu negara adalah ‘AAA’ dan peringkat lainnya menggambarkan tingkat risiko relatif terhadap peringkat ‘AAA’. Peringkat nasional dirancang untuk digunakan oleh sebagian besar investor lokal di pasar lokal dan diidentifikasi dengan menggunakan tambahan tanda sesuai dengan negara masing-masing. Sebagai contoh ‘AAA(idn)’ untuk Peringkat Nasional di Indonesia. Karenanya, peringkat ini tidak dapat dibandingkan secara internasional. Informasi tambahan tersedia di www.fitchratings.com. Kriteria terkait “Tax Supported Rating Criteria”, tertanggal 14 Agustus 2012, “Ratingof Public Sector Entities-Outside the United States”, tertanggal 4 Maret 2014 and “National Scale Ratings Criteria”, dated 30 Oktober 2013, dapat dilihat di website Fitch di www.fitchratings.com. Solicitation Status Setiap peringkat yang disebutkan dalam Rating Action Commentary (RAC) dari mana report ini diakses adalah permintaan dari penerbit surat berharga atau entitas yang bertindak atas nama penerbit surat berharga (“Solicited – Sell Side”). Oleh karena itu, Fitch memperoleh kompensasi untuk penyediaan peringkat. Solicitation status yang diberikan berlaku efektif pada tanggal RAC DISCLAIMER: ALL FITCH CREDIT RATINGS ARE SUBJECT TO CERTAIN LIMITATIONS AND DISCLAIMERS. PLEASE READ THESE LIMITATIONS AND DISCLAIMERS BY FOLLOWING THIS LINK: HTTP://FITCHRATINGS.COM/UNDERSTANDINGCREDITRATINGS. IN ADDITION, RATING DEFINITIONS AND THE TERMS OF USE OF SUCH RATINGS ARE AVAILABLE ON THE AGENCY’S PUBLIC WEBSITE ‘WWW.FITCHRATINGS.COM’. PUBLISHED RATINGS, CRITERIA AND METHODOLOGIES ARE AVAILABLE FROM THIS SITE AT ALL TIMES. FITCH’S CODE OF CONDUCT, CONFIDENTIALITY, CONFLICTS OF INTEREST, AFFILIATE FIREWALL, COMPLIANCE AND OTHER RELEVANT POLICIES AND PROCEDURES ARE ALSO AVAILABLE FROM THE ‘CODE OF CONDUCT’ SECTION OF THIS SITE. FITCH MAY HAVE PROVIDED ANOTHER PERMISSIBLE SERVICE TO THE RATED ENTITY OR ITS RELATED THIRD PARTIES. DETAILS OF THIS SERVICE FOR RATINGS FOR WHICH THE LEAD ANALYST IS BASED IN AN EU-REGISTERED ENTITY CAN BE FOUND ON THE ENTITY SUMMARY PAGE FOR THIS ISSUER ON THE FITCH WEBSITE.

Kembali ke Press Release

Press Release Terkait

Luncurkan SDG Indonesia One, Kemenkeu Dukung Pencapaian Sustainable Development Goals di Indonesia RSUD Konawe; Komitmen Bersama Pemangku Kepentingan Mewujudkan Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur Daerah bagi Masyarakat Anggota Baru Direksi PT SMI pada tanggal 9 Juli 2018 PT SMI Mendukung Pembangunan Berkelanjutan melalui Penerbitan Green Bond Pertama di Indonesia Dewan Komisaris Baru PT SMI pada 5 Juni 2018