Jumpa Pers


Partisipasi Aktif PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dalam Pasar Modal di Indonesia

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) terus berkomitmen untuk melaksanakan tugas sebagai katalis dalam memfasilitasi percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Secara berkelanjutan PT SMI berupaya untuk meningkatkan kapasitas melalui kemitraan dengan badan usaha/lembaga pemerintah, pihak swasta ataupun lembaga multilateral. Salah satu added value upaya peningkatan kapasitas adalah dengan mengembangkan partisipasi aktif di pasar modal dalam pembangunan infrastruktur.

Selama dua hari, tanggal 17 dan 18 September 2014, PT SMI berpartisipasi pada Investor Summit & Capital Market Expo (ISCME) 2014 yang dilaksanakan di, Jakarta. Ini merupakan event ketiga yang diikuti oleh PT SMI. Diharapkan para calon investor dapat memperoleh informasi terkait Perseroan juga produk-produk yang sudah diluncurkan, yaitu Indeks SMinfra18, Reksa Dana ETF SMinfra18 dengan kode perdagangan XISI dan Obligasi I Sarana Multi Infrastruktur Tahun 2014.

PT SMI dengan Bursa Efek Indonesia (“BEI”) bekerjasama menyusun Indeks SMinfra18, yaitu indeks harga saham yang berisi 18 emiten infrastruktur dan pendukungnya. Indeks SMinfra18 ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi investor yang ingin berinvestasi di sektor infrastruktur.

Selanjutnya, PT SMI dengan PT Indo Premier Investment Management bekerjasama mengembangkan Indeks SMinfra18 menjadi suatu produk investasi Reksa Dana ETF SMinfra18 (XISI) yang memiliki komposisi portofolio saham-saham konstituen pada SMinfra18.

Reksa Dana ETF SMinfra18 XISI, tercatat di BEI pada tanggal 6 Maret 2014. Performance Indeks SMinfra18 dan ETF XISI terhadap IHSG sejak tanggal peluncuran hingga tanggal 11 Agustus 2014 relatif lebih baik, sebagai berikut:

Index

ETF

IHSG

SMinfra18

SMinfra18 (XISI)

1-month

1.60%

3.41%

3.30%

3-months

3.90%

10.26%

10.36%

1-year

11.21%

14.00%

Obligasi I Sarana Multi Infrastruktur Tahun 2014 senilai Rp1 Triliun tercatat di BEI pada tanggal 12 Juni 2014.  Obligasi ini adalah aksi korporasi pertama yang diterbitkan oleh PT SMI selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pembiayaan infrastruktur.  Emisi obligasi PT SMI menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan dengan permintaan yang masuk melebihi 2,6x dari nilai obligasi yang ditawarkan (oversubscribed). Hal ini menunjukkan kepercayaan investor yang tinggi terhadap PT SMI, sekaligus menunjukkan bahwa infrastruktur merupakan asset class yang dapat dipertimbangkan oleh para investor.

Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”)

Sebagai katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, PT SMI didirikan pada 26 Februari 2009 dimana 100% sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan. Awal pendiriannya PT SMI mengemban mandat sebagai Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur (pilar bisnis Pembiayaan & Investasi). Dalam perkembangannya disadari bahwa permasalahan infrastruktur tidak hanya berfokus pada masalah pembiayaan, namun juga terkait pada proses penyiapan proyek. Untuk itu PT SMI proaktif mengembangkan lingkup bisnisnya untuk turut serta melaksanakan fungsi pendukung percepatan penyiapan proyek melalui pilar bisnis lainnya, yaitu Jasa Konsultasi dan Jasa Pengembangan Proyek. Ketiga pilar bisnis PT SMI (Pembiayaan & Investasi, Jasa Konsultasi, dan Jasa Pengembangan Proyek) diharapkan menjadi salah satu solusi dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Sebagai Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur, per 15 Agustus tahun 2014 ini, komitmen pembiayaan PT SMI sudah mencapai sekitar Rp5 Triliun untuk nilai proyek hampir mencapai Rp50 Triliun yang menciptakanmultiplier effect sebesar hampir 10 kali. Total komitmen pembiayaan ini meliputi sektor jalan dan jembatan, transportasi, minyak dan gas bumi, air minum, telekomunikasi, irigasi, serta sektor ketenagalistrikan.

Selain terus menerus melakukan kegiatan pembiayaan dan pengembangan proyek, PT SMI juga terus mempromosikan modalitas pembangunan infrastruktur dengan Skema Kemitraan Pemerintah Swasta (KPS). Melalui penyiapan proyek KPS SPAM Umbulan, Proyek KPS Kereta Api Bandara Soekarno Hatta dan Proyek KPS Pengelolaan Sampah Batam, PT SMI secara aktif berpartisipasi dalam pengembangan proyek-proyek KPS di Indonesia.

www.ptsmi.co.id

***

Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi:

Astried Swastika
Corporate Secretary
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Tel: +6221 57851499
Fax: +6221 57854298
Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id

Kembali ke Press Release

Press Release Terkait

Peresmian Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha SPAM Semarang Barat Luncurkan SDG Indonesia One, Kemenkeu Dukung Pencapaian Sustainable Development Goals di Indonesia RSUD Konawe; Komitmen Bersama Pemangku Kepentingan Mewujudkan Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur Daerah bagi Masyarakat Anggota Baru Direksi PT SMI pada tanggal 9 Juli 2018 PT SMI Mendukung Pembangunan Berkelanjutan melalui Penerbitan Green Bond Pertama di Indonesia