Jumpa Pers


PENAMBAHAN MODAL PMN PT SARANA MULTI INFRASTRUKTUR (PERSERO)

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) telah memperoleh penambahan modal dari Pemerintah Republik Indonesia cq. Kementerian Keuangan melalui Penyertaan Modal Negara (“PMN”) pada APBN-P Tahun 2012 sebesar Rp2 Triliun. Dengan penambahan modal ini, maka total modal disetor PT SMI telah bertambah menjadi Rp4 Triliun pada akhir Desember 2012.

Penambahan PMN ini telah memperoleh persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat dan selanjutnya dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2012 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia Ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Sarana Multi Infrastruktur.

Di tahun 2012, PT SMI telah membukukan total komitmen sebesar Rp2,221 Triliun untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur di berbagai sektor di lokasi yang tersebar di Indonesia senilai Rp16,060 Triliun atau telah terjadi multiplier effect sebesar 7,8 kali. Hal ini merupakan salah satu upaya PT SMI untuk melaksanakan peran sebagai katalis dalam percepatan pembangunan inrastruktur di Indonesia melalui kerjasama dengan pihak ketiga dan dengan memberikan kontribusi yang seoptimal mungkin, untuk dapat mendorong berjalannya proyek-proyek infrastruktur berskala besar.

Di tahun 2013, sesuai dengan tugas dan peran Perseroan selaku BUMN Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur, maka PT SMI akan melakukan kegiatan pembiayaan pada tahun 2013 dengan berpartisipasi sebesar Rp4,025 Triliun untuk total nilai proyek infrastruktur sekitar Rp57 Triliun. Target pembiayaan ini naik dua kali dibanding tahun 2012 dan diharapkan dapat menghasilkan multiplier effect yang jauh lebih besar lagi.

Sejalan dengan peran katalis ini, maka di tahun 2013, PT SMI akan mengambil peran lebih luas melalui pelaksanaan 3 (tiga) pilar bisnis PT SMI, yaitu melalui kegiatan pembiayaan (financing), jasa konsultasi (advisory) dan penyiapan proyek (project preparation) untuk proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.

Keterangan lebih lanjut mengenai PT SMI dapat menghubungi Sdri. Astried Swastika, Corporate Secretary PT SMI melalui email: atau corporatesecretary@ptsmi.co.id

Kembali ke Press Release

Press Release Terkait

Luncurkan SDG Indonesia One, Kemenkeu Dukung Pencapaian Sustainable Development Goals di Indonesia RSUD Konawe; Komitmen Bersama Pemangku Kepentingan Mewujudkan Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur Daerah bagi Masyarakat Anggota Baru Direksi PT SMI pada tanggal 9 Juli 2018 PT SMI Mendukung Pembangunan Berkelanjutan melalui Penerbitan Green Bond Pertama di Indonesia Dewan Komisaris Baru PT SMI pada 5 Juni 2018