Jumpa Pers


PT SARANA MULTI INFRASTRUKTUR (PERSERO) DAN PT INDONESIA INFRASTRUCTURE FINANCE MENANDATANGANI PERJANJIAN PEMBERIAN FASILITAS PEMBIAYAAN UNTUK PROYEK PLTG TANJUNG UNCANG, BATAM

JAKARTA, 18 Oktober 2013 – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) dan PT Indonesia Infrastructure Finance (“PT IIF”) pada hari ini Jumat, 18 Oktober 2013 menandatangani Perjanjian Pemberian Fasilitas Pembiayaan dengan PT Energi Listrik Batam (“PT ELB”), anak perusahaan dari PT Medco Power Indonesia, sebesar USD 48.000.000 untuk pembangunan dan konstruksi Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Tanjung Uncang, Batam, Kepulauan Riau.

Proyek yang diperkirakan selesai dibangun pada bulan Desember 2014 akan mampu menghasilkan pasokan listrik sebesar 2X35 MW bagi masyarakat dan industri di pulau Batam dan sekitarnya. Direktur Pembiayaan & Investasi PT SMI, Bapak Nasrizal Nazir, mengatakan “Dengan kebutuhan listrik yang terus meningkat rata-rata 9,3% per tahun dan sejalan dengan usaha peningkatan rasio elektrifikasi di Indonesia yang ditargetkan meningkat 90,9% di tahun 2019, pembiayaan pembangunan PLTG ini sedikit banyak turut memberikan kontribusi bagi tambahan pasokan listrik Indonesia, khususnya di pulau Batam dan sekitarnya.”

Pemberian fasilitas ini juga menunjukkan dukungan dari PT SMI dan PT IIF kepada PT ELB sebagai Project Sponsor demi pengembangan tenaga kelistrikan di pulau Batam dan sekitarnya. Presiden Direktur PT IIF, Bapak Kartika Wirdjoatmodjo, mengatakan “Kami akan mendukung Project Sponsor yang memiliki reputasi baik serta komitmen tinggi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Dukungan ini diharapkan dapat memberikan sinyal positif bagi para project sponsor untuk terus meningkatkan peran sertanya dalam pengembangan proyek – proyek infrastruktur di Indonesia”.

Pencapaian financial close atas proyek ini merupakan salah satu bentuk komitmen nyata dari PT SMI dan PT IIF dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, sekaligus merepresentasikan sinergi yang baik antara PT SMI dan PT IIF dalam meningkatkan kapasitas pembiayaan bagi proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau disingkat “PT SMI” merupakan Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2009 dan sahamnya 100% dimiliki oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan.

Sebagai Katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur, PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu Pembiayaan & Investasi, Jasa Konsultasi dan Jasa Pengembangan Proyek (Project Preparation). Ketiga pilar bisnis PT SMI ini merupakan total solusi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Secara rutin, PT SMI terus menjalin kemitraan dengan berbagai pihak sebagai upaya untuk memaksimalkan peran PT SMI sebagai mitra strategis Pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

www.ptsmi.co.id

PT Indonesia Infrastructure Finance
PT Indonesia Infrastructure Finance (“PT IIF”) adalah perusahaan swasta nasional berbentuk Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 100/2009, yang dikelola secara profesional dengan fokus untuk berinvestasi pada proyek-proyek infrastruktur yang layak secara komersial. Pendirian PT IIF merupakan salah satu elemen penting di dalam pengembangan strategis oleh Pemerintah Indonesia bersama dengan mitra dari lembaga keuangan internasional untuk mengatasi hambatan arus investasi swasta di sektor infrastruktur.

Sebagai badan usaha berorientasi komersial, PT IIF menyediakan produk fund based seperti pinjaman jangka panjang, produk non fund based seperti penjaminan serta layanan lainnya yang berkaitan dengan proyek infrastruktur. PT IIF diharapkan akan berkembang menjadi repositori nasional dalam menggalang pengalaman dan keahlian yang berkaitan dengan pengembangan dan pembiayaan proyek-proyek infrastruktur yang layak, termasuk proyek-proyek yang berbasis Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS).

www.iif.co.id
— SELESAI —

Untuk informasi lebih lanjut harap hubungi:

Astried Swastika
Corporate Secretary PT SMI
Tel: 021- 5785 1499 Fax: 021-5785 4298
Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id

Nastantio W. Hadi
Legal & Corporate Secretary PT IIF
Tel: 62-21-29915060 Fax : 62-21-29915061
Email: nhadi@iif.co.id

Kembali ke Press Release

Press Release Terkait

Luncurkan SDG Indonesia One, Kemenkeu Dukung Pencapaian Sustainable Development Goals di Indonesia RSUD Konawe; Komitmen Bersama Pemangku Kepentingan Mewujudkan Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur Daerah bagi Masyarakat Anggota Baru Direksi PT SMI pada tanggal 9 Juli 2018 PT SMI Mendukung Pembangunan Berkelanjutan melalui Penerbitan Green Bond Pertama di Indonesia Dewan Komisaris Baru PT SMI pada 5 Juni 2018