Jumpa Pers


PT SMI & ICBC Indonesia Dukung INKA Siapkan KRL Bandara

signing-inka

Jakarta, 20 Februari 2016, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) bersama PT Bank ICBC Indonesia (“ICBC Indonesia”), menandatangani perjanjian pembiayaan sebesar USD53.300.000 dengan PT Industri Kereta Api (PT INKA). Perjanjian Pembiayaan yang ditandatangani pada 15 Februari 2016, akan digunakan untuk pembiayaan pengadaan 10 train sets proyek kereta rel listrik (KRL) Kereta Bandara.

“PT SMI sangat senang dapat bersinergi dengan ICBC Indonesia dan INKA dalam mendukung pengadaan train sets ini, dimana ini merupakan kali pertama kami memberikan fasilitas pembiayaan rolling stock kereta api, sesuai dengan mandat perluasan sektor yang kami terima dari OJK tahun lalu. Harapan kami, pemberian fasilitas ini dapat mendukung terciptanya proyek strategis KRL Bandara yang nyaman dan aman untuk masyarakat,” ujar Emma Sri Martini, Direktur Utama PT SMI.

Menurut Shen Xiaoqi, Direktur Utama ICBC Indonesia, kerjasama pembiayaan kredit sindikasi ini merupakan momentum yang sangat penting bagi ICBC Indonesia dalam berperan sebagai mitra Pemerintah Indonesia dibidang percepatan infrastruktur. “Kami memiliki keyakinan bahwa proyek ini akan mendatangkan manfaat yang besar bagi pengguna jasa bandara yang membutuhkan moda transportasi yang cepat, aman dan nyaman. Kami juga percaya bahwa proyek ini adalah tonggak penting bagi awal mula kerjasama antara ICBC Indonesia, PT SMI dan PT INKA untuk proyek- proyek infrastruktur ke depannya” tambah Thomas Arifin, Direktur ICBC Indonesia melengkapi.

Sepuluh train sets yang disediakan, rencananya akan beroperasi selama 16 jam sehari dan mampu mengangkut hingga 57.600 penumpang tiap harinya. Hal ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan arus lalu lintas bandara dan menghemat konsumsi bahan bakar.

“Proyek ini merupakan proyek strategis yang memberi opsi bagi masyarakat untuk menempuh perjalanan ke bandara secara murah, waktu tempuh yang lebih singkat dibandingkan moda transportasi lainnya serta sangat mendukung terciptanya efisiensi energi. PT INKA (Persero) merasa sangat terbantu dengan dukungan PT SMI dan ICBC Indonesia untuk merealisasikan proyek KRL Bandara ini”, ucap Mohamad Nur Sodiq, Direktur Keuangan dan SDM PT INKA (Persero)

signing-inka2

 


Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”)
PT SMI adalah BUMN di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang didirikan pada tahun 2009,dengan tugas utama menjadi Katalis dalam mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Saat ini PT SMI menjalankan 3 (tiga) pilar bisnis yaitu Pembiayaan & Investasi, Jasa Konsultasi dan Jasa Pengembangan Proyek.
www.ptsmi.co.id

Tentang ICBC Indonesia
Dibentuk pada tahun 2007 melalui akuisisi atas Bank Halim, ICBC Indonesia adalah anak perusahaan dari bank terbesar di dunia berdasarkan aset, ICBC Limited. ICBC Indonesia memiliki misi menjadi jembatan ekonomi, keuangan, dan budaya antara Indonesia dan China. Selama 8 tahun beroperasi di Indonesia, ICBC Indonesia telah memiliki rekam jejak melalui 22 cabang yang tersebar di Indonesia. Bank ICBC Indonesia secara institusi juga mendapatkan affirmasi prospek stabil dari dua lembaga pemeringkat yakni; affirmasi peringkat nasional jangka panjang dan menengah di AAA(idn) oleh fitch rating di tahun 2015 dan peringkat kredit “Baa2” dari lembaga pemeringkat Internasional, Moody’s.

Tentang PT Industri Kereta Api (PT INKA)
PT. Industri Kereta Api (Persero) atau lebih dikenal dengan PT INKA (Persero) adalah BUMN yang didirikan pada tanggal 30 Agustus 1981. Pada awalnya, PT INKA (Persero) merupakan bagian dari badan Penyelenggara Industri Strategis (BPIS) bersama beberapa BUMN lainnya, dalam menopang kemandirian industri strategis Indonesia khususnya dibidang manufaktur kereta api. Kegiatan usaha perseroan difokuskan pada produksi produk kereta api. Berbagai jenis kereta api telah dihasilkan perseroan dan digunakan baik untuk pangsa pasar domestik maupun untuk ekspor ke berbagai negara. Dalam perkembangannya, perseroan telah melakukan berbagai upaya diversifikasi ke area moda (sarana) transportasi darat lainnya. Produk perseroan sepenuhnya dihasilkan dari workshop yang berlokasi di Kota Madiun, Jawa Timur dengan total area workshop lebih kurang seluas 22.5 Ha.

Untuk informasi lebih lanjut:
Astried Swastika
Corporate Secretary
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Tel: +6221 5785 1499
Fax: +6221 5785 4298
Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id

Ketut Astika
General Manager
Corporate Plan & GA Division
PT Industri Kereta Api (Persero)
Tel: +62351 452271-74
Fax:+62351 452275
Hp: 081335045689
Email : ketut.astika@inka.co.id

Yensen Aliamin
Group Head, Operation and Executive Management
PT. Bank ICBC Indonesia
Tel: +6221 2355 6000
Fax: +6221 31996016
Email: yensen@ina.icbc.com.cn

 

Download Press Release

Kembali ke Press Release

Press Release Terkait

Peresmian Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha SPAM Semarang Barat Luncurkan SDG Indonesia One, Kemenkeu Dukung Pencapaian Sustainable Development Goals di Indonesia RSUD Konawe; Komitmen Bersama Pemangku Kepentingan Mewujudkan Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur Daerah bagi Masyarakat Anggota Baru Direksi PT SMI pada tanggal 9 Juli 2018 PT SMI Mendukung Pembangunan Berkelanjutan melalui Penerbitan Green Bond Pertama di Indonesia