Jumpa Pers


PT SMI Lampaui Target 2015

Jakarta, 6 Januari 2016 – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”), Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur di bawah Kementerian Keuangan mencapai komitmen pembiayaan sekitar Rp13 triliun di 2015. Komitmen 2015 ini melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp9,7 triliun, dan bertumbuh lebih dari dua kali lipat dibanding pencapaian komitmen di tahun 2014, sebesar Rp5,57 triliun. Komitmen sebesar Rp13 triliun ini diperuntukan mendorong pembangunan beberapa proyek infrastruktur Indonesia dengan total nilai proyek Rp96,3 triliun dan menghasilkan multiplier effect sekitar 7,4 kali.

PT SMI menitikberatkan pembiayaan di tahun 2015 pada sektor jalan, transportasi dan ketenagalistrikan, termasuk untuk mendukung proyek-proyek strategis pemerintah. Di sektor jalan, PT SMI mendukung pengembangan jalan tol Trans Sumatera, ruas Medan – Binjai sepanjang 16,6 Km dan ruas Palembang – Simpang Indralaya sepanjang 22 Km, serta penyelesaian jalan tol Trans Jawa, seperti jalan tol Solo – Ngawi, Ngawi – Kertosono, dan Cikopo – Palimanan.

Selain proyek jalan tol, PT SMI turut berpartisipasi dalam pembangunan pengembangan Bandara Soekarno Hatta milik Angkasa Pura II. Sementara di sektor ketenagalistrikan, PT SMI turut mendukung pembangunan proyek pembangkit listrik Tenayan di Riau, dengan kapasitas 2 x110 MW.

Emma Sri Martini, Direktur Utama PT SMI mengungkapkan “Alhamdullilah dengan niat dan kerja keras, kami dapat melampaui target yang ditetapkan. Kami berharap pencapaian ini merupakan awal yang baik bagi percepatan pembangunan infrastruktur Indonesia.”

Lini bisnis Jasa konsultasi pun secara berkesinambungan terus memberikan pendampingan dan pembangunan kapasitas untuk 12 proyek infrastruktur, dari 8 yang ditargetkan di tahun 2015. Pada 7 Desember 2015 Kementerian Keuangan memberikan Dukungan Kelayakan Proyek (Viability Gap Funding/VGF) untuk proyek KPS SPAM Umbulan di Propinsi Jawa Timur. Terbitnya dukungan VGF dari Kementerian Keuangan merupakan pencapaian penting, khususnya untuk lini Jasa Pengembangan Proyek, sejak PT SMI ditugaskan oleh Kementerian Keuangan untuk memberikan pendampingan persiapan project showcase KPS SPAM Umbulan pada tahun 2011. Dengan diperolehnya VGF ini, maka proyek KPS SPAM Umbulan telah siap memasuki tahapan evaluasi terhadap proposal yang telah disampaikan peserta tender.

Pada April 2015, PT SMI mendapatkan mandat perluasan sektor pembiayaan dari Otoritas Jasa Keuangan, yang meliputi sektor efisiensi energi, pengadaan rolling stock kereta api serta sektor infrastruktur sosial seperti sekolah, rumah sakit, fasilitas pariwisata, pasar, dan lembaga pemasyarakatan. Mandat ini telah direalisasikan PT SMI dengan memberi pinjaman pertama infrastruktur sosial dalam bentuk pembiayaan untuk revitalisasi rumah sakit milik PTPN XI di Malang pada Desember 2015.
Pada unit Pembiayaan Pemerintah Daerah (Pemda), saat ini PT SMI tengah melakukan identifikasi atas pemda yang potensial untuk memperoleh fasilitas pembiayaan dari PT SMI, di antaranya Pemda Provinsi Sumatera Barat, Kota Jayapura, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Gianyar.

PT SMI juga mendapat dukungan dan kepercayaan dari pemerintah, serta stakeholder melalui penambahan PMN pada tahun 2015 sebesar Rp20,3 trilliun, dan tengah melakukan persiapan transformasi menuju Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut:
Astried Swastika
Corporate Secretary
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Tel: +6221 5785 1499
Fax: +6221 5785 4298
Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id
Website: www.ptsmi.co.id

Download

Kembali ke Press Release

Press Release Terkait

UOB Menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan PT SMI untuk Mendukung Berbagai Proyek Infrastruktur di Indonesia Komitmen PT SMI Mendukung Pembangunan Daerah yang Berkeadilan Dengan Menjunjung Tinggi Integritas dan Sikap Anti Korupsi Dewan Komisaris Baru PT SMI PT SMI Catat Pertumbuhan Laba dan Aset di Semester I – 2017 Peletakan Batu Pertama (Ground Breaking) Proyek SPAM Umbulan