Jumpa Pers


RSUD Konawe; Komitmen Bersama Pemangku Kepentingan Mewujudkan Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur Daerah bagi Masyarakat

Konawe, 29 Agustus 2018 – Pada hari ini telah diresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Teguh Setyabudi, Pj Bupati Konawe H.Tasman Taewa, dan Bupati Konawe Terpilih 2018-2023 Kerry Syaiful Konggoasa.

Pembangunan infrastruktur sosial senilai Rp 231 miliar ini didukung oleh Pemerintah Pusat –– Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) –– melalui fasilitas Pembiayaan Pemerintah Daerah dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) yang mencakup pembangunan gedung layanan kesehatan dan rawat inap serta pengadaan alat-alat kesehatan.

Terbangunnya RSUD Konawe akan memungkinkan lebih dari 450 ribu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang memadai mengingat RSUD Konawe merupakan Rumah Sakit Rujukan Regional yang melayani 4 (empat) kabupaten yaitu Kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Konawe Selatan, dan Kabupaten Konawe Utara.

Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini menyatakan:

“PT SMI selaku katalis pembangunan infrastruktur di Indonesia siap mendukung Pemerintah Daerah dalam mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur berkeadilan bagi rakyat Indonesia, yaitu diantaranya dengan mewujudkan pembangunan berbagai infrastruktur dasar ataupun infrastruktur sosial seperti rumah sakit.

Di Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara, merupakan kehormatan bagi kami dapat berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan RSUD Konawe yang telah mengikuti standarisasi World Health Organization (WHO) dengan menyediakan sebanyak 204 tempat tidur.

PT SMI sangat mendukung pembangunan infrastruktur daerah yang dapat memberikan manfaat dan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat sekitar, mengingat pembangunan RSUD Konawe memberikan dampak makro yang positif bagi masyarakat, di antaranya yaitu: (1) output perekonomian meningkat 0,41%, (2) pendapatan pekerja meningkat 0,27%, (3) pendapatan rumah tangga meningkat sebesar Rp 53,78 miliar atau 0,33%, dan (4) lapangan pekerja meningkat 0,08%.

Pembangunan RSUD Konawe juga memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat, di antaranya yaitu: (1) peningkatan pendapatan pedagang sekitar RSUD Konawe hingga 300%,  (2) penyerapan lebih dari 600 tenaga kerja, dan (3) peningkatan harga tanah hingga 2 kali lipat.

Dalam menjalankan perannya selaku katalis pembangunan infrastruktur Indonesia, PT SMI senantiasa mengedepankan penerapan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) dengan baik. Pembangunan RSUD Konawe selaras dengan penerapan prinsip SDGs dan memungkinkan untuk: (1) meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, (2) menciptakan pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan yang layak, (3) mendukung pembangunan ekonomi daerah yang berkelanjutan, dan (4) mengurangi kesenjangan ekonomi daerah.

Rampungnya pembangunan RSUD Konawe merupakan salah satu komitmen bersama antara Pemangku Kepentingan –– Pemerintah Pusat (Kemenkeu dan Kemendagri RI), Pemerintah Daerah (Pemerintah  Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kabupaten Konawe), dan PT SMI –– dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang berdampak positif bagi masyarakat”.

 

-selesai-

 

Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”)

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2009 adalah Badan Usaha Milik Negera di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang berperan dan memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan infrastruktur.

PT SMI memiliki berbagai fungsi dan produk/ fitur unik untuk mendukung percepatan pembangunan infrasruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi juga sebagai enabler melalui pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang mengikutsertakan berbagai institusi keuangan baik swasta maupun multilateral. PT SMI aktif mendukung pelaksanaan KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman daerah.

PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu (1) Pembiayaan dan Investasi, yaitu pembiayaan terhadap proyek – proyek infrastruktur, (2) Jasa Konsultasi yaitu solusi atas kebutuhan tenaga professional dan ahli di bidang infrastruktur serta (3) Pengembangan Proyek yaitu membantu Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk menyiapkan proyek infrastruktur.

 

Informasi lebih lanjut:
Ramona Harimurti
Head of Corporate Secretary

Agah Djajadiredja
Communications & CSR

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Tel: +6221 8082 5288
Fax: +6221 8082 5258
Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id
www.ptsmi.co.id

Kembali ke Press Release

Press Release Terkait

Luncurkan SDG Indonesia One, Kemenkeu Dukung Pencapaian Sustainable Development Goals di Indonesia Anggota Baru Direksi PT SMI pada tanggal 9 Juli 2018 PT SMI Mendukung Pembangunan Berkelanjutan melalui Penerbitan Green Bond Pertama di Indonesia Dewan Komisaris Baru PT SMI pada 5 Juni 2018 UOB Menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan PT SMI untuk Mendukung Berbagai Proyek Infrastruktur di Indonesia