Katalis untuk Mendukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan infrastruktur. Didirikan pada tanggal 26 Februari 2009, Perseroan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang seluruh modal sahamnya dimiliki oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan.

PT SMI didirikan dengan mandat menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, termasuk untuk mendukung pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pelaksanaan mandat tersebut bermuara pada dua tujuan utama yaitu mengoptimalisasi manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat dan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) serta mitigasi perubahan iklim.

Seiring beralihnya aset dan fungsi Pusat Investasi Pemerintah (PIP), PT SMI dapat membiayai proyek-proyek infrastruktur pembangkit listrik geothermal serta dapat memberikan pembiayaan kepada Pemerintah Daerah. Perseroan juga memperoleh izin perluasan sektor

dari OJK yang dapat dibiayai meliputi infrastruktur sosial (rumah sakit, pasar, terminal, dan lainnya), infrastruktur kepariwisataan, dan rolling stock.

Pengembangan usaha terus dilakukan dengan menyediakan produk syariah untuk mengakomodir kebutuhan pembiayaan dan investasi serta jasa konsultasi dengan skema syariah. Selain itu, PT SMI juga meluncurkan produk pembiayaan berkelanjutan untuk menyalurkan pembiayaan infrastruktur khusus sektor energi baru terbarukan dan konservasi energi.

PT SMI tetap berkomitmen untuk mendukung Pemerintah dalam pembangunan infrastruktur. Sampai dengan saat ini, PT SMI turut serta aktif dalam memberikan layanan kepada proyek-proyek infrastruktur yang dicanangkan Pemerintah dalam RPJMN, Proyek Strategis Nasional, dan Proyek Prioritas Nasional. PT SMI juga bekerjasama dengan institusi multilateral dan lembaga donor untuk menyalurkan dana serta pihak swasta untuk membantu pengembangan proyek infrastruktur.

PT SMI mendorong pembangunan infrastruktur yang inklusif di seluruh wilayah Indonesia. Pembiayaan pemerintah daerah yang dilakukan lebih mengedepankan pembangunan di wilayah Timur Indonesia. Perseroan juga mengedepankan pembangunan infrastruktur berbasis keberlanjutan dengan inisiasi penerapan aspek Environmental Social Safeguard (ESS).

Sektor infrastruktur dasar yang dibiayai PT SMI:

Ketenagalistrikan
Transportasi
Telekomunikasi
Rolling Stock Kereta Api
Minyak & Gas
Energi Efisiensi
Air Minum
Jalan & Jembatan
Irigasi
Manajemen Air Limbah & Persampahan

Sektor infrastruktur sosial yang dibiayai PT SMI:

Rumah Sakit
Infrastruktur Pemasyarakatan
Infrastruktur Pendidikan
Infrastruktur Kawasan
Pasar
Infrastruktur Pariwisata

Visi PT SMI

Menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur nasional.

Misi PT SMI

• Menjadi mitra strategis yang memberikan nilai tambah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

• Menciptakan produk pembiayaan yang fleksibel.

• Menyediakan pelayanan berkualitas dengan tata kelola yang baik.

Nilai-Nilai Perusahaan

(i-Sprint)

Integrity

Perusahaan yang berkarakter dan melakukan kegiatan usaha sesuai dengan etika serta selalu mengedepankan tata kelola yang baik.

Service Excellent

Pelayanan yang konsisten memenuhi ekspektasi pelanggan.

Partnership

Kemitraan untuk mencapai visi dan misi Perusahaan.

Resilience

Berdaya tahan dan persisten dalam melaksanakan tugas.

Inovation

Memberikan solusi dalam pengembangan proyek infrastruktur.

Trust

Perusahaan yang dapat membina kepercayaan pelanggan dan pemangku kepentingan.