Strategi Bisnis

Rencana strategis menjadi acuan bagi arah perkembangan usaha PT SMI agar dapat semakin meningkatkan sumbangsihnya bagi perkembangan infrastruktur nasional.

Dengan mengacu pada potensi sektor infrastruktur nasional jangka panjang, PT SMI telah menyusun tahap-tahap dan target perkembangan bisnisnya ke dalam 3 fase berikut:

Rencana Jangka Panjang 2009-2013

Selama 5 tahun pertama (2009-2013), PT SMI telah menyelesaikan tahap pertama perkembangan usahanya untuk “Membangun Fondasi Korporasi yang Kuat” dengan fokus pengembangan berikut:

  • Menjalankan program pengembangan kapasitas secara intensif
  • Mengembangkan proses bisnis Perseroan
  • Membangun kepercayaan pasar dengan diversifikasi portofolio pembiayaan, dan
  • Membangun budaya risiko korporasi.

Rencana Jangka Panjang 2014-2018

Memasuki tahap kedua dengan target “Mengembangkan Bisnis PT SMI Melalui Multi Pelayanan di Sektor Infrastruktur”, PT SMI telah menetapkan Rencana Jangka Panjang 2014-2018 dengan penegasan kembali Visi, Misi, Nilai Perusahaan, Lima Fokus Pengembangan PT SMI dan Sasaran Kuantitatif berikutnya, yang menjadi acuan pengembangan program kerja PT SMI lima tahun ke depan.

Lima Fokus Pengembangan PT SMI

Penguatan Tiga Pilar Bisnis PT SMI.
Memperkuat ketiga pilar bisnis (Pembiayaan dan Investasi, Jasa Konsultasi dan Pengembangan Proyek) dalam menjalankan perannya sebagai katalis di dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui program Kerjasama Pemerintah Swasta.

Strategi Leveraging
Melakukan fund raising untuk memperoleh sumber dana alternatif guna mendukung penguatan tiga pilar bisnis, khususnya kegiatan pembiayaan infrastruktur dan investasi.

Pengembangan Product Library 
Terus mengembangkan variasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Penguatan Proses Bisnis 
Menyempurnakan proses bisnis agar dapat menerapkan tata kelola dan meningkatkan pelayanan bagi para pelanggan.

Proyek showcase KPS 
Mempersiapkan diri untuk menjalankan peran potensial lainnya dalam program KPS Pemerintah.

Peluncuran layanan konsultasi sebagai pilar bisnis ketiga Perseroan melengkapi bisnis yang ada dalam pembiayaan proyek dan persiapan proyek, memungkinkan Perseroan untuk menawarkan solusi yang lebih lengkap untuk pasar.

Perusahaan menerima Nasional Peringkat Jangka Panjang dari ‘AA (idn)’ dengan Outloook Stabil dari Fitch Ratings, sebuah bukti kepercayaan pasar kepada Perusahaan dan prospek sektor infrastruktur Indonesia.