Pembiayaan Komersial

Pembiayaan Komersial adalah fasilitas pembiayaan infrastruktur yang diberikan kepada pihak swasta, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah dengan produk pembiayaan yang beragam dan fleksibel.

Produk pembiayaan komersial ini antara lain:

Pembiayaan Senior

Adalah pembiayaan yang memiliki tingkat prioritas pembayaran kembali oleh debitur yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembiayaan-pembiayaan/utang-utang lainnya milik debitur yang lebih junior.

Produk pembiayaan senior di PT SMI dapat berupa pembiayaan sebagai berikut:

  1. Pembiayaan Investasi/Berjangka
  2. Pembiayaan Modal Kerja
  3. Pembiayaan Dana Talangan
  4. Take Out Financing
  5. Promotor Financing
  6. Pembiayaan Non-Cash

Pembiayaan Utang Subordinasi

Adalah pembiayaan yang bersifat junior (memiliki prioritas yang lebih rendah) dalam hal pembayaran kembali dibandingkan dengan pembiayaan/utang senior milik debitur/kreditur.

Pembiayaan Mezzanine

Adalah pembiayaan yang bersifat junior (memiliki prioritas yang lebih rendah) dalam hal pembayaran kembali, dibandingkan pembiayaan/utang senior milik debitur lainnya, serta memiliki rancangan pembayaran kembali dengan opsi konversi utang menjadi saham, kombinasi antara cash flow dan konversi utang menjadi saham atau kombinasi antara cash flow dan opsi pembelian saham.

Jasa Layanan Pembiayaan

Adalah aktivitas jasa layanan yang berpotensi menghasilkan pendapatan diluar pendapatan bunga pembiayaan. Jasa layanan pembiayaan ini meliputi:

  1. Jasa arranger
  2. Jasa underwriter