Melalui pilar bisnis Pengembangan Proyek, PT SMI melaksanakan mandat katalis sebagai “enabler” percepatan pembangunan infrastruktur, diantaranya melalui peningkatan kualitas paket investasi proyek infrastruktur, koordinasi aspek keahlian dalam penyiapan proyek, pendampingan dalam peningkatan standar tata kelola dan eksekusi proyek dan stakeholder management.

PT SMI berperan aktif dalam mendorong partisipasi badan usaha dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Selain itu PT SMI juga menyediakan fasilitas penyiapan dan pengembangan proyek Non-KPBU dalam penyediaan infrastruktur, pelaksanaan sosialisasi/pelatihan, dan pengembangan kapasitas.

Produk-produk pengembangan proyek PT SMI antara lain:

Fasilitas Pengembangan Proyek KPBU melalui skema Penugasan

Fasilitas Pengembangan Proyek ini ditujukan bagi proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) melalui mekanisme Penugasan dari Kementerian Keuangan. Penerima fasilitas pengembangan proyek ini adalah instansi Pemerintah baik pusat maupun daerah sebagai pemilik proyek atau Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK).

Fasilitas ini merupakan salah satu solusi dalam menciptakan pipeline proyek yang siap untuk dibiayai. Dengan penguatan pada sisi pengembangan proyek terutama kredibilitas substansi kajian, penguatan struktur proyek, tertib administrasi, dan transparansi proses diharapkan akan tercipta proyek-proyek yang menarik bagi investor untuk menanamkan modalnya.

Fasilitas Pengembangan Proyek dan Pengelolaan Dana Donor

Donor
Jenis Fasilitas Pengembangan Proyek ini ditujukan bagi proyek dengan konsep ‘berkelanjutan’ seperti pengembangan energi baru, energi terbarukan, dan/ atau konservasi energi (EBTKE). Penerima fasilitas ini adalah pemilik proyek, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun institusi swasta.

Tujuan dikembangkannya fasilitas ini adalah untuk mempromosikan dan mengembangkan proyek-proyek EBTKE dari sisi penyiapan dan dari sisi pembiayaan sehingga menghasilkan proyek-proyek EBTKE yang feasible dan bankable.

Technical Assistance dan Pengelolaan Dana Donor

PT SMI dapat memberikan bantuan teknis dalam bentuk pendampingan maupun pelaksanaan prakajian kelayakan, kajian kelayakan, dokumen pendukung proyek, penyusunan disain rinci, dan/ atau pendampingan transaksi, serta tidak dibatasi atas proyek dengan skema tertentu. Penerima Fasilitas Pengembangan Proyek ini adalah instansi Pemerintah baik pusat maupun daerah sebagai pemilik proyek atau PJPK.

Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas

PT SMI mempunyai program rutin pelatihan dan peningkatan kapasitas dengan beberapa kurikulum antara lain: opsi pembiayaan daerah dan program pelatihan KPBU dasar-menengah-lanjut. Disamping itu, PT SMI juga dapat mengadakan program pelatihan dan peningkatan kapasitas yang dapat dibuat spesifik terkait bahasan, aspek, dan sektor yang dibutuhkan seperti: Potensi Investasi Sektor Air Minum, Investasi Sektor Rumah Sakit, Project Finance, Alternatif Pembiayaan Infrastruktur, dan lainnya.