Lomba Menulis 2019

banweb-lombamenulis2019
 
Ayo milenial suarakan idemu untuk wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs) di Indonesia!
 

Periode Lomba

6 Februari – 6 Maret 2019

 

Topik Artikel

Ketenagalistrikan

Pemerataan pembangunan ketenagalistrikan sebagai upaya mengurangi kemiskinan, menekan ketimpangan, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat.

Transportasi

Membuka jalur konektivitas melalui pembangunan infrastruktur pelabuhan sebagai upaya memperlancar arus perpindahan manusia dan barang antar wilayah di Indonesia, sekaligus dapat memperluas lapangan pekerjaan, dan menekan ketimpangan.

Telekomunikasi

Membuka akses komunikasi, informasi, guna menciptakan pendidikan bermutu melalui pembangunan infrastruktur telekomunikasi dalam rangka mengurangi kemiskinan dan menekan ketimpangan.

Energi

Penggunaan energi bersih dan terbarukan yang ramah lingkungan serta terjangkau, untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan industri, sehingga ikut mencegah perubahan iklim dan menjaga ekosistem darat.

Penyediaan Air Bersih

Penyediaan air bersih guna meningkatkan kualitas kesehatan dan kehidupan masyarakat.

Jalan dan Jembatan

Membuka konektivitas antar wilayah melalui pembangunan jalan dan jembatan guna memperluas lapangan pekerjaan, menekan kemiskinan, mencegah kelaparan, mengurangi ketimpangan, serta menciptakan kota dan komunitas yang berkelanjutan.

Irigasi

Mewujudkan ketahanan pangan melalui infrastruktur irigasi untuk mengurangi kelaparan, menghapus kemiskinan, dan mengurangi ketimpangan.

Pengelolaan Limbah dan Sampah

Meningkatkan kesehatan melalui pengelolaan limbah dan sampah yang secara optimal sehingga dapat mendukung penanganan perubahan iklim, dan turut serta menjaga ekosistem darat.

Rolling Stock Kereta Api

Efisiensi waktu dan tenaga melalui transportasi massal sebagai bagian dari upaya mewujudkan kota dan komunitas yang berkelanjutan sehingga dapat menyediakan pekerjaan layak untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan menekan ketimpangan.

Kawasan Ekonomi Pariwisata

Meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat sekaligus mendongkrak pertumbuhan ekonomi setempat melalui pembangunan kawasan ekonomi pariwisata sehingga dapat mewujudkan kota dan komunitas yang berkelanjutan.

Rumah Sakit

Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan rumah sakit yang berkualitas, sehingga berdampak pada peningkatan pendidikan sekaligus mengurangi ketimpangan.

Pasar

Mendorong aktivitas perekonomian dan perdagangan melalui pembangunan pasar sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan membuka lapangan pekerjaan bagi semua kalangan.
 

Syarat dan Ketentuan

  1. Peserta lomba adalah mahasiswa/i D3 dan S1 dari berbagai Jurusan & Fakultas seluruh Indonesia dan terbuka untuk seluruh tingkatan semester.
  2. Peserta wajib melampirkan foto diri dan identitas diri (scan/foto Kartu Tanda Mahasiswa) dalam format JPG/JPEG (*.jpg).
  3. Peserta wajib follow, likes, dan subscribes media sosial PT SMI yaitu Facebook @ptsmi, Instagram @ptsmi_id dan Youtube PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).
  4. Peserta melakukan repost iklan lomba menulis PT SMI melalui instagram dengan mention @ptsmi_id dan mention 5 (lima) orang teman serta mencantumkan #MilenialMembangunIndonesia.
  5. Artikel harus asli karangan sendiri (orisinil).
  6. Artikel belum pernah dan/atau tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis dan artikel dalam bentuk populer (bukan laporan akademis, skripsi, tesis, makalah, jurnal, dan sejenisnya).
  7. Artikel tidak mengandung unsur pelecehan/penghinaan terhadap SARA dan keberpihakan politik.
  8. Peserta dapat memilih tulisan sesuai dengan pilihan topik artikel yang telah ditentukan dan terdiri dari minimal 500 kata dan maksimal 1000 kata.
  9. Artikel mencantumkan peran PT SMI dalam topik yang dipilih.
  10. Artikel akan menjadi milik PT SMI dan PT SMI berhak untuk mempublikasikan artikel pemenang dengan mencantumkan sumber.
  11. Keputusan penyelenggara tidak dapat diganggu gugat.

 

Penentuan Pemenang

  1. Periode penjurian pada 7 – 15 Maret 2019.
  2. Juri akan memilih 30 artikel terbaik untuk ditetapkan menjadi 3 orang pemenang.
  3. Pemenang akan diumumkan pada Sabtu, 16 Maret 2019 melalui website PT SMI, akun instagram PT SMI, dan email tertulis dari panitia kepada pemenang.

 

Hadiah

Juara 1 Rp15 juta

Juara 2 Rp10 juta

Juara 3 Rp5 juta

 

Pendaftaran

Peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan klik tombol berikut: