news     November 16, 2017

Dominated by Toll Road and Electricity, SMI Targets Financing of Rp 39,5 Trillion

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) recorded financing of Rp30 trillion until October 2017. The majority of SMI financing, disbursed to the development of toll road and electricity infrastructure.


PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) mencatat pembiayaan sebanyak Rp30 triliun hingga periode Oktober 2017. Mayoritas pembiyaan SMI, disalurkan pada pembangunan infrastruktur jalan tol dan kelistrikan.

Direktur SMI Edwin Syahruzad mengatakan, porsi pembiayaan infrastruktur jalan tol sebesar 35% sama besarnya dengan porsi pembiayaan infrastruktur kelistrikan. Menurutnya, SMI menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan hingga Rp39,5 triliun pada akhir tahun.

“Untuk proyek banyak terlibat di infrastruktur khususnya jalan tol dan listrik. Kalau listrik kemarin contohnya kita juga ikut membiayai sindikasi PLN baik untuk syariah dan konvensional sebesar Rp2 triliun,” ujar Edwin di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Edwin menyebutkan, SMI telah mengikuti sindikasi di beberapa proyek jalan tol antaranya jalan tol Manado-Bitung, pembiayaan konstruksi Jakarta-Cikampek Elevated, serta jalan tol Surabaya-Mojokerto. “Ke depan uang obligasi akan membiayai proyek dalam jalan tol Bakeheuni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian trans Sumatera,” kata dia.

Senada, Direktur Utama SMI Emma Sri Martini mengatakan secara total SMI telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp270 triliun. Saat ini, kata dia pemerintah mendorong pembiayaan infrastruktur bersumber dari sektor swasta.

“Sebetulnya kalau total invesment gap untuk infrastruktur kurang Rp2.000 triliun yang diharapakan dari private, salah satunya adalah capital market menjadi salah satu sumber. Salah satu upaya dimana PT SMI sebagai salah satu lembaga pembinaan infra untuk capping dana di capital market untuk kita salurkan membantu membiayai infrastruktur di luar APBN,” jelas dia.

 

Link

Related Posts