News


Garap Tol Jawa, Waskita Bakal Dapat Tambahan Rp 15 T dari SMI dan Dana Pensiun

Jakarta – PT Waskita Karya Tbk bakal mendapatkan suntikan modal sebesar Rp 15 triliun untuk menggarap lanjutan proyek tol Jawa. Suntikan tersebut berasal dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan Dana Pensiun dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Total investasinya Rp 70 triliun (untuk seluruh pekerjaan di ruas tol Trans Jawa yang dikerjakan perusahaan), tapi partisipasi dari Dana Pensiun dan SMI itu Rp 15 triliun untuk modalnya, jadi menutupi kekurangan modal yang dimiliki oleh Waskita,” ungkap Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Bambang menyatakan kesepakatan pembiayaan atau financial close akan ditandatangani dalam waktu dekat. Bambang meyakini proyek akan segera dimulai dan diselesaikan lebih cepat.

“Mudah-mudahan financial close-nya bulan depan, jadi bisa langsung konstruksi,” imbuhnya.

Bambang menyatakan, pembiayaan dari dana pensiun sangat dibutuhkan untuk pembangunan proyek infrastruktur. Ini adalah langkah percepatan yang dilakukan pemerintah.

“Ini salah satu cara mempercepat infrastruktur dan mempercepat masuknya investor masuk Indonesia, baik asing maupun domestik,” terang Bambang.

Selain tol, ada beberapa proyek lainnya yang digarap menggunakan dana pensiun dan sejenisnya.

“Ada di Pelindo II ada beberapa projek, termasuk membangun saluran langsung dari Priok ke Cikarang, kemudian ada pembangkit listrik dari PTPP, yaitu yang besar-besar, kemudian tol mudah-mudahan dari Jasa Marga juga,” pungkasnya.

 

Source

Back to List News

Related News

District/City Government Suggested to Borrow from Bank Financing of LRT Project Soar Rp 5 Trillion SMI Finances Infrastructure Project Up to Rp30 Trillion Dominated by Toll Road and Electricity, SMI Targets Financing of Rp 39,5 Trillion Sarana Multi Infrastruktur Bonds of Rp 7 Trillion, Foreign Company Interested