press-release     September 19, 2019

PT SMI Encourages the Implementation of Environmental and Social Safeguards Elements Through the Desa Bakti untuk Negeri 2 Program (DBUN 2)

Jakarta, 19 September 2019 – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) selaku Badan Usaha Milik Negara dan Special Mission Vehicle di bawah koordinasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) senantiasa mendukung pembangunan infrastruktur Indonesia, khususnya memfokuskan terhadap keberlanjutan kehidupan sosial dan lingkungan di proyek di mana PT SMI mendukung penyiapan dan pembiayaan proyek. Hal ini dilakukan melalui penerapan Elemen-elemen Perlindungan Lingkungan dan Sosial (Environmental and Social Safeguards – ESS) di setiap proyek infrastruktur yang disiapkan dan/ atau dibiayai oleh PT SMI yang salah satunya dengan diresmikannya program Desa Bakti untuk Negeri 2 (DBUN 2) di Desa Waesano, Kecamatan Sano Nggoang, Nusa Tenggara Barat.

Direktur PT SMI Darwin Trisna Djajawinata menjelaskan bahwa program DBUN 2 merupakan bentuk konkret komitmen PT SMI dalam mengimplementasikan ESS yang kali ini dilaksanakan di Desa Waesano. Program DBUN 2 merupakan kesungguhan upaya berkelanjutan PT SMI, di mana program sejenis atau disebut dengan program DBUN 1, telah PT SMI rampungkan di Desa Sukoharjo Jawa Tengah. PT SMI mengapresiasikan dukungan keahlian dari rekan-rekan Yayasan Dian Desa yang telah mendukung semenjak pelaksanaan program DBUN 1, mengimplementasikan ESS serta mewujudkan aksi nyata menyediakan manfaat bagi masyarakat. PT SMI pun berterima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan koordinasi yang baik dari Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, aparatur desa, tetua adat, tokoh masyarakat, dan masyarakat Desa Waesano dalam mempersiapkan pelaksanaan program DBUN 2 yang akan medukung terwujudnya manfaat sosial bagi masyarakat.

Pelaksanaan program DBUN 2 bertujuan mengimplementasikan prinsip pengelolaan lingkungan dan sosial yang menekankan pelibatan masyarakat secara aktif (partnership) serta diselaraskan dengan kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Melalui program        DBUN 2, PT SMI merasa berbangga dapat bersinergi dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan 2 kegiatan, yaitu: (1) Kategori A pekerjaan fisik dan (2) Kategori B pengembangan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Sejak tahun 2018, dalam program DBUN 2 ini PT SMI bersama Yayasan Dian Desa, aparatur desa, dan warga setempat telah merintis pembangunan pekerjaan fisik yang mencakup: (1) pembangunan 3 ruang kelas baru SDN, (2) revitalisasi sistem air bersih untuk seluruh masyarakat Desa Wae Sano yang akan mengaliri 6 dusun, (3) penyediaan sistem air – untuk Gereja Paroki, SLTP, dan Puskemas Pembantu di Dusun Nunang, serta (4) penggantian jalur pipa dari sumber Wae Buning untuk Dusun Taal 2. Tidak hanya itu, program DBUN 2 juga telah berfokus dalam pengembangan dan peningkatan perekonomian masyarakat yang dikonkretkan melalui berbagai pelatihan peningkatan produksi komoditas setempat bagi warga, seperti: (1) produksi kerajinan kain Shibori – pengembangan pasar domestik dan internasional, (2) produksi madu – non-timber forest product, (3) produksi kacang mete – pemrosesan kacang mete dari glondong menjadi produk akhir yang dapat langsung dikonsumsi dengan kualitas terbaik dan sesuai tuntutan pasar domestik dan internasional, serta (4) pemanfaatan limbah kemiri – pemrosesan limbah kemiri dengan teknologi karbonisasi akan memberikan nilai tambah dan nilai ekonomi yang dapat menjadi sumber pendapatan atau peningkatan perekonomian masyarakat.

Program DBUN 2 diharapkan oleh PT SMI dapat menciptakan manfaat yang lebih luas bagi warga sekaligus merupakan upaya dalam mendukung Pemerintah mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals di Indonesia. PT SMI sangat bersyukur atas dukungan seluruh pemangku kepentingan yang telah memungkinkan PT SMI untuk terus berupaya menghasilkan manfaat pada kelestarian lingkungan, ketahanan sosial, pembangunan infrastruktur, pendidikan dan peningkatan ekonomi pada masyarakat – untuk saat ini dan di masa mendatang secara berkelanjutan.

-selesai-

 

Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”)

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2009 adalah Badan Usaha Milik Negera di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang berperan dan memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan infrastruktur.

PT SMI memiliki berbagai fungsi dan produk/ fitur unik untuk mendukung percepatan pembangunan infrasruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi juga sebagai enabler melalui pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang mengikutsertakan berbagai institusi keuangan baik swasta maupun multilateral. PT SMI aktif mendukung pelaksanaan KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman daerah.

PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu (1) Pembiayaan dan Investasi, yaitu pembiayaan terhadap proyek – proyek infrastruktur, (2) Jasa Konsultasi yaitu solusi atas kebutuhan tenaga professional dan ahli di bidang infrastruktur serta (3) Pengembangan Proyek yaitu membantu Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk menyiapkan proyek infrastruktur.

 

Informasi lebih lanjut:
Ramona Harimurti
Head of Corporate Secretary
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Tel: +6221 8082 5288
Fax: +6221 8082 5258
Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id
www.ptsmi.co.id

Related Posts