Press Release


PT SMI Masuki Tahun ke-7 dengan Perkuatan di Berbagai Bidang

silaturahmi-ptsmi

Jakarta, 8 Maret 2016, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”), BUMN yang mengemban mandat menjadi katalis dalam percepatan infrstruktur nasional ini, pada tanggal 26 Februari 2016 lalu telah memasuki usianya yang ketujuh. Dalam melaksanakan pembiayaan infrastruktur, PT SMI telah memberikan komitmen pembiayaan sebesar Rp24,78 triliun pada Februari 2016, yang terdiri dari pembiayaan kepada pemerintah daerah sebesar Rp2,4 triliun dan pembiayaan infrastruktur sebesar Rp22,34 triliun. Dari pembiayaan infrastruktur sebesar Rp22,34 triliun tersebut, terdapat Rp7,5 triliun pembiayaan infrastruktur kepada PLN, yang merupakan pengalihan aset dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Menginjak awal usia ketujuh, pada 8 Maret 2016, PT SMI secara aktif terus memperkuat peranannya, salah satu diantaranya adalah dengan melakukan kesepakatan bersama Cities Development Initiative for Asia (CDIA). Hal ini mempertegas komitmen PT SMI dalam mengemban misi pembangunan bagi pengembangan proyek infrastruktur daerah, baik dalam menyusun kajian proyek infrastruktur, maupun mengembangkan kesiapan proyek untuk memperoleh pendanaan melalui berbagai skema, baik pinjaman daerah maupun Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atau cara lainnya.

silaturahmi-ptsmi-2

Selain itu, pada acara yang sama, PT SMI juga berencana untuk menerbitkan MTN Onshore senilai USD300 juta. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian penerbitan surat utang MTN USD SARANA MULTI INFRASTRUKTUR I 2016, dengan Kim Eng Securities dan Bank Mandiri Tbk. Penerbitan MTN ini merupakan salah satu upaya perkuatan pendanaan PT SMI, dan menjadi tolak ukur besarnya kepercayaan serta animo investor terhadap pengembangan infrastruktur nasional. Dalam hal disetujui oleh otoritas, maka penerbitan MTN onshore akan dilaksanakan dengan mekanisme penerbitan berkelanjutan dalam periode 2 tahun.

silaturahmi-ptsmi-3

Emma Sri Martini, Direktur Utama PT SMI mengungkapkan bahwa PT SMI optimis percepatan infrastruktur dapat dilakukan dengan koordinasi yang baik dari berbagai pihak, “Kami terus berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan peran katalis kami, dengan terus belajar dan melakukan penguatan di berbagai bidang. Kami percaya, infrastruktur yang
baik bagi Indonesia, bukanlah sesuatu yang mustahil melalui koordinasi dan kerjasama yang baik dari seluruh pihak,”

Acara Silaturahmi Bersama PT SMI 2016, juga dihadiri Menteri Keuangan Republik Indonesia, Bambang PS Brodjonegoro. Pada sambutannya, Menteri Keuangan menggarisbawahi pentingnya mendorong pertumbuhan infrastruktur daerah, sebagai upaya melaksanakan pemerataan pembangunan dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta nasional.

silaturahmi-ptsmi-4

 

Untuk informasi lebih lanjut:
Astried Swastika
Corporate Secretary
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Tel: +6221 5785 1499
Fax: +6221 5785 4298
Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id
www.ptsmi.co.id

 

Download Press Release

Back to List Press Release

Related Press Release

Launching SGD Indonesia One, Ministry of Finance Supports Achievement of Sustainable Development Goals in Indonesia RSUD Konawe; Joint Commitment of Stakeholders Realizing the Positive Impact of Regional Infrastructure Development for Communities New Member of PT SMI Board of Directors on July 9, 2018 PT SMI Supports Sustainable Development by Issuing the First Green Bond in Indonesia New Board of Commissioners of PT SMI on June 5, 2018