Jakarta, 20 Februari, 2020 – Penanganan sampah merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh seluruh
elemen masyarakat saat ini termasuk penanganan sampah perkantoran yang dilakukan oleh pengelola
gedung perkantoran dan para penyewa/penghuni gedung perkantoran (
tenant). Menyikapi hal ini –
dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional pada tanggal 21 Februari 2020 – sejumlah
institusi yang berkantor di gedung perkantoran Sahid Sudirman Center (SSC) bersinergi dalam suatu
insiatif yang bertajuk #KantorGueBebasSampah (KGBS). Inisiatif pengelolaan sampah perkantoran ini
didukung oleh sejumlah institusi dan/atau organisasi, yaitu: (1) PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
(“PT SMI”) – pengagas inisiatif KGBS dan salah satu
Special Mission Vehicles (SMV) di bawah
Kementerian Keuangan, (2) PT Mitra Adiperkasa Tbk. (“MAP”) - peritel gaya hidup terkemuka di
Indonesia yang memperhatikan kesinambungan lingkungan, (3) Pengelola Gedung Sahid
Sudirman Center, dan (4) Nara Synergy – perusahaan yg berfokus pada sistem pengelolaan sampah
perusahaan dan promosi kepedulian lingkungan bagi karyawan.
Gerakan #KantorGueBebasSampah merupakan inisiatif untuk mengurangi jumlah sampah perkantoran
yang dibuang ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang. Menurut data dari
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, 22% sampah di TPST tersebut berasal dari perkantoran di wilayah
Jakarta, sementara kapasitas tampungnya semakin menurun. Sejak tahun 2019, gerakan
#KantorGueBebasSampah di mana selama periode Maret sampai Oktober sudah sekitar 64% sampah
perkantoran sudah terpilah dengan baik, atau sekitar 5.400 kg dari total 8.450 kg sampah yang
diproduksi. Sampah terpilah tersebut terdiri dari 3.750 kg kertas, 340 kg sampah daur ulang, 695 kg
sampah organik dan 610 kg sampah umum lainnya. Sementara, sisa residu sampah sebanyak 3.050 kg
disalurkan ke Bank Sampah dan disalurkan ke pabrik daur ulang oleh Nara Synergy. Selain itu, gerakan
ini juga menangani terkait proses pengangkutan, pemilahan dan pengolahan sampah, serta membangun
program pemberdayaan masyarakat dari hasil pengolahan sampah tersebut.
Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional pada tanggal 21 Februari 2020 – PT SMI, PT
MAP, Pengelola Gedung Sahid Sudirman Center, dan Nara Synergy mengampanyekan kepada publik di
lingkup kawasan Gedung Sahid Sudirman Center terkait penerapan kebijakan
Reduced, Reused,
Recycle (3R) melalui berbagai kegiatan interaktif, seperti: kontes foto dan video bertema
eco-living serta
peningkatan pengetahuan mengenai metode pengolahan sampah yang bisa diakses melalui gawai
setiap orang yang hadir di Sahid Sudirman Center dengan menggunakan QR code.
Gerakan #KantorGueBebasSampah dan kampanye terkait 3R ini diharapkan dapat mendukung program
Pemerintah dalam penanganan sampah yang perlu dicermati bersama. Selain itu, hal tersebut
diharapkan menjadi salah satu langkah bersama komponen bangsa dalam menciptakan kelangsungan
lingkungan yang lebih baik.
-selesai-
Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2009 adalah
Badan Usaha Milik Negera di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang berbentuk Lembaga
Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang berperan dan memiliki mandat sebagai katalis percepatan
pembangunan infrastruktur.
PT SMI memiliki berbagai fungsi dan produk/fitur unik untuk mendukung percepatan pembangunan
infrasruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi juga sebagai enabler
melalui pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang mengikutsertakan
berbagai institusi keuangan baik swasta maupun multilateral. PT SMI aktif mendukung pelaksanaan
KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman
daerah.
PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu (1) Pembiayaan dan Investasi, yaitu pembiayaan terhadap proyek
– proyek infrastruktur, (2) Jasa Konsultasi yaitu solusi atas kebutuhan tenaga professional dan ahli di
bidang infrastruktur serta (3) Pengembangan Proyek yaitu membantu Penanggung Jawab Proyek
Kerjasama (PJPK) untuk menyiapkan proyek infrastruktur.
Tentang PT Mitra Adiperkasa Tbk.
PT Mitra Adiperkasa Tbk. (“PT MAP”) telah mengoperasikan lebih dari 2.200 gerai ritel di 76 kota di
Indonesia. Gerai-gerai utama yang dioperasikan Perusahaan antara lain; Department Stores: Sogo,
Seibu dan Galeries Lafayette; Fashion & Lifestyle: Zara, Massimo Dutti, Pull & Bear, Stradivarius, Marks
& Spencer, Topman, Topshop, Lacoste, Kipling, Swarovski, Mango dan Sephora; Sports: Planet
Sports.Asia, Sports Station, The Athlete’s Foot, Golf House, Skechers, New Balance, Asics, Converse,
Reebok, Airwalk, Payless, Birkenstock, Staccato, Clarks, Kidz Station, Lego, Smiggle dan Hasbro; Food
& Beverage: Starbucks, Genki Sushi, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery Ice Cream,
Paul Bakery, Burger King dan Domino’s Pizza; Others: Digimap, Kinokuniya dan Alun Alun Indonesia.
Tentang Gedung Sahid Sudirman Center
Gedung Sahid Sudirman Center adalah salah satu gedung perkantoran strata title tertinggi di Indonesia
yang dibangun oleh penyelenggara pembangunan Kerja Sama Operasi (KSO) Sahid Megatama Karya
Gemilang. Gedung ini adalah satu-satunya gedung perkantoran di Jakarta yang diresmikan oleh
Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, pada tahun 2015.
Gedung Sahid Sudirman Center memiliki 59 lantai dengan total luas bangunan keseluruhan 132.455 m2
sehingga menjadikannya gedung tergemuk di Indonesia dengan total penduduk kurang lebih 15.000 –
17.000 orang setiap harinya, di mana 8.000 – 10.000 di antaranya adalah penduduk yang beraktifitas
tetap di dalam gedung.
Tentang Nara Synergy
Nara Synergy berdiri pada tahun 2018 dari perkembangan usaha sebuah yayasan bernama Yayasan
Nara Kreatif. Awalnya, Nara Kreatif berdiri pada tahun 2012 yang merupakan kewirausahaan sosial
memiliki tujuan mengurangi angka putus sekolah dengan membuka akses sekolah kesetaraan (kejar
paket) melalui bisnis pengelolaan sampah secara bertanggungjawab. Pada 5 tahun awal, Nara Kreatif
bergerak di bidang daur ulang sampah kertas menjadi produk kreatif. Karena kebutuhan pengelolaan
sampah semakin berkembang khususnya di ranah perkantoran, maka Nara Kreatif mendirikan
perusahaan berbasis PT (Perseroan Terbatas) sebagai lini bisnis utama pengelolaan sampah secara
bertanggungjawab dengan nama PT Nara Sinergi Lingkungan yang merupakan perusahaan yang
bergerak dibidang sistem pengelolaan sampah dengan mengimplementasikan nilai-nilai
Sustainable
Development Goals (SDG’s) dan tujuan
Corporate Social Responsibility (CSR). Nara Synergy bergerak
pada bidang bisnis pengelolaan sampah perkantoran (
office waste management), Vendor CSR,
Green
Event Organizer, Konsultan Lingkungan, dan Produsen produk daur ulang. Kekuatan bisnis pengelolaan
sampah yang diinisiasi oleh Nara Synergy terletak pada proses pemberdayaan (
empowerement) sebagai
dasar dan pengelolaan sampah khususnya perkantoran.
Informasi lebih lanjut:
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Ramona Harimurti
Head of Corporate Secretary
Agah Djajadiredja
Communications & CSR
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Tel: +6221 8082 5288
Fax: +6221 8082 5258
Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id
www.ptsmi.co.id
PT Mitra Adiperkasa Tbk.
Fetty Kwartati
Head of Sustainability
Telp: 021 5845808
Email: corporate.secretary@map.co.id
Website: www.map.co.id
Gedung Sahid Sudirman Center
Bayu Indrawan
Chief Operations
Anggraeni Catur Utami
Chief Tenant Relations
Kantor Pengelola Gedung Sahid Sudirman Center
Tel: +6221 2788 9000
Fax: +6221 2788 9001
Email: info@sahidsudirmancenter.co.id
Nara Synergy
M. Iqbal Marta Eldas
CBO
Retno
CMO
Tel.: 081394534636
Email: marketing@narakreatif.co.id
Website: www.narakreatif.co.id
Download Press Release